perhatikan Hal ini Sebelum Anda Melakukan Modifikasi Motor

perhatikan Hal ini Sebelum Anda Melakukan Modifikasi Motor

Modifikasi motor adalah sebuah hobi, dan trend yang sangat disukai oleh banyak orang, terutama yang suka dengan dunia otomotif. Bagi yang hobi dengan otomotif, modifikasi kendaraan motor menjadi salah satu hal yang wajar, menjadi bisnis, dan trend di bidang otomotif. Jika Anda hobi otomotif, pastilah sudah tidak asing dengan hobi modif yang satu ini.

Ada banyak modifikasi kendaraan motor yang bisa dilakukan, dari modifikasi yang simpel seperti modif body dan ban, atau modif mesin yang lebih rumit, modif knalpot, dan lainnya. Untuk melakukan modifikasi pada kendaraan bermotor Anda, sebenarnya tidaklah sulit.

Mulai dari modif yang murah-murah saja, hingga modif mahal motor bermerk yang harganya ratusan juta rupiah. Tetapi, sebelum Anda memulai modifikasi kendaraan motor, Anda perlu mengetahui dahulu beberapa hal penting yang perlu diperhatikan nih.

Sebelum Melakukan Modifikasi Motor Ketahui Hal Berikut Ini

Dalam memodifikasi motor memang memerlukan beberapa pertimbangan, seperti biaya atau harga modifikasi, bagian motor yang ingin di modifikasi, merk motor, dan juga cara klaim asuransi kendaraan bermotor tersebut. Lalu apa saja hal yang perlu diketahui untuk melakukan modifikasi sepeda motor?

  • Pahami Merk Sepeda Motor Anda Serta Modifikasinya

Merk kendaraan bermotor pastilah memiliki sparepart, dan spesifikasi yang berbeda pula. Jika ingin melakukan modifikasi, Anda harus memahami merk serta spesifikasi bawaan dari kendaraan bermotor Anda.

Tidak masalah jika Anda ingin melakukan modifikasi besar-besaran, seperti angkat mesin, rombak, dan menggantinya. Tetapi pahami juga dengan kemampuan batas dari motor tersebut, supaya bisa menyesuaikan model modifikasi yang cocok untuk motor Anda. Model modifikasi juga disesuaikan dengan selera dan keinginan Anda.

  • Tentukan Model Modifikasi Motor Anda Seperti Apa

Modif motor juga mempertimbangkan model, serta kegunaan dari modifikasi tersebut. Apakah Anda ingin melakukan modif racing untuk motor Anda? Atau ingin melakukan modifikasi sederhana? Nah, tentukan terlebih dahulu gaya model modifikasi seperti apa yang dilakukan, sehingga montir bengkel akan dengan mudah bekerja memodifikasinya.

Menentukan model modifikasi juga menentukan pilihan sparepart modifikasi yang diperlukan, dan juga mempertimbangkan sparepart tersebut sesuai dengan anggaran.

Model modifikasi racing akan memerlukan banyak sparepart set racing seperti knalpot, ban, serta mesin yang baru, sedangkan modif sederhana biasanya hanya modif ala kadarnya saja, tidak sampai rombak sepenuhnya. Atau jika hanya ingin memodifikasi body motor Anda supaya terlihat lebih gagah juga bisa.

  • Tentukan Bagian Motor yang Ingin Dimodifikasi

Nah, atau Anda hanya ingin melakukan modifikasi satu bagian mobil saja? Ketimbang melakukan modifikasi penuh pada motor Anda. Bisa saja, Anda pertimbangkan bagian mana yang ingin Anda modifikasi, seperti bagian body, knalpot, lampu LED, mesin, jok motor dan lain sebagainya.

Perhatikan juga kualitas sparepart yang akan digunakan untuk motor modifikasi kalian. Kualitas sparepart yang tinggi tentulah akan memberikan kenyamanan serta kepuasan pribadi Anda, tetapi tentu saja harga nya akan lebih mahal.

Menentukan bagian yang akan dimodifikasi oke, dan penentuan sparepart baru juga oke, waktunya untuk mendapatkan montir handal professional yang akan mengurusnya. Pastikan Anda memilih bengkel yang sudah professional, dan memang menyediakan jasa modifikasi untuk motor.

  • Siapkan Biaya Modifikasi Sesuai Anggaran Anda

Biaya modifikasi tentu saja yang harus menjadi salah satu pertimbangan Anda. Semakin banyak sparepart yang Anda modifikasi, atau semakin bagus kualitas modifikasi yang Anda inginkan pastilah akan membawa biaya besar pada modifikasi.

Perhatikan biaya anggaran supaya tidak memberatkan, namun juga mendapatkan modifikasi yang paling Anda inginkan untuk kepuasan otomotif Anda. Pastikan juga Anda mendapatkan harga yang sesuai untuk modifikasi yang sesuai, waspada jika Anda mendapatkan sparepart modifikasi yang tidak sesuai dengan anggaran biaya Anda.

  • Pahami Polis Asuransi Kendaraan yang Mengikat

Nah sebelum memulai modifikasi kendaraan motor Anda, Anda juga perlu ketahui dan pahami tentang kebijakan asuransi bermotor. Jika Anda memiliki asuransi kendaraan bermotor, pastikan asuransi tersebut tidak mengikat untuk motor tidak menggunakan sparepart modifikasi, yang artinya tidak boleh di modifikasi.

Secara singkatnya, ada beberapa perusahaan asuransi yang memiliki kebijakan untuk membatalkan klaim asuransi motor jika motor atau kendaraan lainnya dinilai memiliki modifikasi yang berlebihan. Ada beberapa yang membolehkan modifikasi ringan, tetapi ada juga yang melarang sepenuhnya.

Modifikasi motor adalah hal yang menjadi trend banyak peminat otomotif. Tidak hanya motor yang besar dan mahal saja, tetapi motor lain seperti motor matic, motor bebek, hingga motor dengan cc besar pun menjadi ajang modifikasi untuk para pecinta otomotif.

*Baca Juga: Punya Sepeda Motor? Yuk Ketahui Cara Memilih Asuransi Motor

Akan tetapi sebelum melakukan modifikasi motor, ada baiknya untuk anda melakukan perlindungan kendaraan terlebih dahulu melalui Garda Motor. Asuransi motor terbaik dan terpercaya di Indonesia, kendaraan anda terlindungi dari kerusakan akibat tabrakan, benturan, terbalik, kebakaran dan pencurian.