Mengenal Kapal Niaga Terbesar di Dunia yang Jarang Orang Ketahui

Mengenal Kapal Niaga Terbesar di Dunia yang Jarang Orang Ketahui

Dalam dunia perkapalan, ada begitu banyak jenis kapal yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti kapal niaga. Kapal jenis ini juga mempunyai berbagai bentuk, ukuran, dan fungsi yang berbeda-beda. Ada juga kapal niaga dengan ukuran besar yang digunakan untuk keperluan pesiar maupun perdagangan.

Mengenal Jenis-Jenis Kapal Niaga

Sesuai namanya, kapal niaga memang lebih banyak ditujukan untuk keperluan perdagangan. Selain mengangkut penumpang, kapal ini memiliki fungsi untuk mengangkut barang bahkan dalam jumlah besar. Berikut kapal-kapal niaga yang belum banyak diketahui namun seringkali digunakan.

Kapal Tongkang

Jenis kapal yang satu ini banyak digunakan sebagai salah satu alat transportasi di sungai, namun kegunaannya khusus untuk membawa banyak barang berat. Tidak mengherankan jika kapal ini cocok untuk sungai-sungai yang besar dan panjang, seperti halnya sungai-sungai di wilayah Kalimantan.

Kendati demikian, tidak jarang kapal tongkang juga dapat ditemukan bersandar di berbagai pelabuhan. Hal ini karena kapal tongkang juga lazim digunakan untuk mengarungi lautan guna pengiriman berbagai barang dalam jumlah dan ukuran yang besar.

Kapal ini berbentuk lebih datar karena digunakan untuk membawa berbagai barang seperti kayu, hasil tambang, dan alat-alat berat. Biasanya, kapal ini tidak dapat dijalankan sendirian sehingga banyak pengguna kapal tongkang menarik kapal tersebut menggunakan kapal lain di depannya. Kapal lain ini lazim disebut dengan kapal tunda.

Kapal Roro

Tahukah Anda, nama “Roro” ternyata merupakan singkatan dari Roll-on Roll-off dan termasuk dalam salah satu kapal niaga terbesar. Kapal ini juga seringkali disebut sebagai kapal pembawa mobil shi karena kapal roro didesain sedemikian rupa untuk mengangkut berbagai muatan dalam jumlah besar, bahkan melebihi muatan kargo.

Kapal ini juga dilengkapi dengan pintu khusus bernama pintu rampa yang dihubungkan dengan dermaga apung ke dermaga pelabuhan. Dengan demikian, kapal ini bisa memuat berbagai kendaraan yang dapat berjalan masuk ke kapal dan keluar menggunakan penggerak tersendiri.

*Baca Juga: Kenali Jenis – Jenis Kapal Laut Beserta Fungsinya

Kapal ini mempunyai built-in yang landai sehingga memungkinkan pengangkutan barang kargo lebih mudah dilakukan. Dengan demikian, barang-barang yang diangkut tidak memerlukan derek atau peralatan khusus lain karena dapat berguling dari dan ke kapal ketika disandarkan di pelabuhan.

Kapal Kargo

Jika Anda sering mengirimkan paket, mungkin cukup familiar dengan jenis kapal yang satu ini. Ya, kapal kargo memang merupakan jenis kapal yang dapat mengangkut berbagai barang dalam ukuran yang besar dan banyak. Tidak mengherankan jika seringkali kapal ini juga disebut dengan kapal kontainer.

Adapun jenis muatan yang dapat diangkut berupa general cargo yang terdiri dari berbagai barang yang dikemas, dibungkus paket, hingga dimasukkan dalam peti khusus. Tidak jarang, berbagai kendaraan, alat berat, hingga bahan-bahan pertanian menjadi muatan yang sering diangkut. Barang-barang inilah yang nantinya akan dikirim ke pelabuhan tujuan.

Kapal Pesiar

Beberapa orang menganggap bahwa kapal pesiar bukanlah kapal niaga, padahal jika ditelisik lebih jauh, ada kapal pesiar yang disewa untuk membawa penumpang. Meski demikian, fungsinya pun tidak jauh berbeda dengan kapal pesiar pribadi, yakni untuk melakukan pelayaran dengan tujuan hiburan.

Bahkan terdapat sebuah kapal pesiar bernama Wonder of the Seas yang masuk dalam salah satu kapal niaga terbesar di dunia saat ini dengan berat 236 ribu ton, panjang 362 meter, dan lebar 64 meter. Kapal ini mempunyai 18 dek dengan kapasitas mencapai lebih dari 10.000 penumpang dan awak kapal.

Biasanya, kapal pesiar di industri pariwisata akan beroperasi pada rute tertentu dan akan kembali pada pelabuhan awal. Akan tetapi ternyata ada juga kapal yang melakukan perjalanan panjang dan tidak langsung kembali pada jangka waktu tertentu karena melakukan perjalanan road-trip.

Kapal Tanker

Jika suatu perusahaan akan mengirimkan berbagai cairan dalam jumlah besar, umumnya mereka akan menggunakan kapal tanker. Adapun jenis muatan yang bisa diangkut seperti bahan-bahan kimia, gas alam cair, minyak, dan sebagainya. Selain itu, kapal ini juga memiliki muatan berupa cairan yang bergerak saat di dalam kapal.

Muatan cair yang diangkut tidak jarang memberikan risiko terhadap stabilitas kapal. Untuk mengatasinya, biasanya badan kapal dibagi lagi menjadi beberapa ruangan berbentuk tangki. Dengan begitu, cairan yang dibawa kapal akan tetap aman sesuai dengan sistem desain kapal tersebut.

Kapal Bulk Carrier

Kapal yang juga disebut dengan kapal Bulker ini merupakan jenis kapal niaga yang didesain khusus untuk melakukan pengangkutan barang yang tidak memerlukan pengemasan. Mirip seperti kapal tongkang, kapal ini juga banyak difungsikan untuk memuat berbagai barang yang membutuhkan daya angkut besar seperti batu bara, semen, hasil pertanian, dan sebagainya.

*Baca Juga: Bagian-Bagian Kapal Niaga yang Menarik untuk Kita Ketahui

Itulah beberapa jenis kapal niaga yang berukuran cukup besar dan mungkin belum banyak Anda ketahui. Meskipun memiliki fungsi yang beragam, namun ketika mengoperasikan kapal niaga di perairan laut lepas tidak jarang membuat rangka kapal mengalami kerusakan sehingga berisiko sangat berbahaya.

Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan sekaligus memberi jaminan pada rangka kapal, kini sudah tersedia asuransi rangka kapal dari Asuransi Astra. Anda sebagai pemilik kapal tentu perlu untuk melindungi aset Anda dari berbagai risiko agar bisnis tetap berjalan.

Jadi, tunggu apa lagi. Wujudkan jaminan dan perlindungan terhadap rangka kapal niaga yang Anda miliki dengan menghubungi kami di 1 500 112.