Ini Dia Bagian-Bagian Kapal Niaga yang Menarik untuk Kita Ketahui

Ini Dia Bagian-Bagian Kapal Niaga yang Menarik untuk Kita Ketahui

Banyak jenis kapal dengan kegunaan yang berbeda-beda, salah satunya adalah kapal niaga. Kapal Niaga adalah kapal dagang yang membawa penumpang dan juga mengangkut barang kargo. Kapal Niaga memiliki bagian penting yang fungsinya di khususkan untuk melakukan perjalanan laut.

*Baca Juga: Apa itu Kapal Niaga? Pengertian dan Jenis-Jenis Kapal Niaga

Berikut Bagian-Bagian Kapal Niaga

Kapal Niaga punya berbagai macam bagian yang dimilikinya dan tentunya punya masing-masing fungsi dari bagian tersebut. Berikut ini merupakan beberapa bagian yang dimiliki oleh kapal Niaga.

  • Deck

Bagian pertama dari kapal yang harus Anda ketahui yaitu ada deck kata yang berarti lantai kapal. Deck ini punya nama lain yaitu geladak. Gladak juga memiliki berbagai macam jenisnya yaitu ada geladak utama yang biasanya terdapat di bagian atas, geladak dasar yang tentunya terletak di bagian bawah dan ada juga geladak antara yang terletak di antara kedua geladak tersebut.

  • Cerobong

Bagian selanjutnya, yaitu bagian cerobong. Tentu saja sudah tidak asing lagi dengan bagian cerobong ini bahkan jika tidak dijelaskan pun Anda pasti sudah paham bagaimana bentuk dari cerobong kapal. Ya, cerobong ini merupakan penyalur dari asap yang berbentuk pipa.

Asap yang keluar dari cerobong kapal ini hasil dari bahan bakar yang digunakan oleh kapal laut. Cerobong ini merupakan bagian yang penting dari sebuah kapal.

  • Anjungan atau Bridge

Bagian selanjutnya dari kapal Niaga yaitu ada Anjungan atau Bridge. Anjungan merupakan salah satu tempat yang ada di kapal yang berisi roda kemudi atau anjungan ini merupakan ruang komando dimana di dalam ruangan tersebut berisikan alat-alat navigasi, kamar radio dan juga nakhoda.

Alat navigasi pada kapal ini punya fungsi untuk mengetahui letak atau posisi kapal berada. Posisi dari anjungan ini biasanya punya pandangan untuk ke segala arah. Anjungan kapal ini juga harus dilengkapi dengan berbagai perlengkapan yaitu seperti radar, roda kemudi, kompas, GPS, teropong, radio komunikasi, dan ada juga perangkat komando mesin.

  • Bak Kapal

Bagian selanjutnya yang dimiliki oleh kapal Niaga atau kapal dagang yaitu ada bagian bak kapal. Bagian bak kapal ini merupakan bagian yang bisa juga disebut sebagai gudang mini dari sebuah kapal. Bak ini akan memudahkan ketika kapal bersandar atau pun lepas bersandar.

Biasanya untuk bagian back ini memiliki perlengkapan yang harus ada yaitu jangkar kali dimana perlengkapan tersebut digunakan untuk kapal bersandar atau pun lepas sandar.

  • Lambung Kapal

Bagian selanjutnya yang dimiliki oleh kapal Niaga yaitu ada bagian lambung kapal. Bagian lambung kapal ini merupakan bagian dari badan kapal yang juga disebut dengan hul. Bagian lambung kapal ini punya daya apung sehingga bisa membuat kapal tidak tenggelam meskipun berada di atas perairan.

Lambung kapal merupakan bagian menarik dari kapal yang memiliki kegunaan yang sangat penting. Bentuk dari lambung kapal sendiri bisa dibilang menarik yaitu seperti ada bentuk datar, bentuk V, bentuk ponton, bentuk terowongan, serta ada juga lambung dengan bentuk katamaran.

  • Bulkhead

Bagian selanjutnya yang dimiliki oleh kapal yaitu ada bagian Bulkhead atau sekat kedap air. Bagian ini merupakan bagian sekat antara ruangan kapal bagian depan dengan ruangan kapal bagian belakang atau pemisah antara kedua ruang tersebut.

Jadi, itulah beberapa informasi terkait dengan bagian-bagian kapal Niaga yang menarik dan perlu Anda ketahui. Kapal Niaga ini merupakan salah satu kapal yang banyak digunakan.

Mengingat kapal Niaga kini beroperasi melalui jalur laut dan punya risiko akan kecelakaan yang cukup tinggi, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan asuransi rangka kapal dari asuransi Astra. Asuransi rangka kapal ini merupakan salah satu asuransi yang menanggung kerugian atas kerusakan kapal laut, baik itu kerusakan mesin, kerusakan rangka, ataupun peralatan kapal lainnya.

*Baca Juga: Inilah Pentingnya Memiliki Asuransi Rangka Kapal

Jaminan yang diberikan ini menyesuaikan dengan standar Institute Time Clauses Hull. Terutama menjamin kerugian atau kerusakan yang terjadi pada kapal dengan penyebab seperti ledakan, kebakaran, pencurian, pembajakan, pembuangan ke laut, kecelakaan instalasi reaktor, dan tsunami.

Selain itu, ada juga penjaminan kerusakan karena kontak dengan pesawat, petir, letusan gunung, kecelakaan karena bongkar muat kargo, kelalaian nakhoda, dan juga ada jaminan pilihan, yaitu jaminan pertanggungjawaban hukum yang terkait dengan tabrakan kapal.