Galangan Kapal: Tempat Pembuatan dan Perbaikan KapalApakah Anda pernah mendengar istilah galangan kapal atau dok? Sebuah galangan biasanya dijumpai di negara-negara industri kapal, seperti Jepang, Cina, Korea Selatan, dan juga Indonesia.  Dok kapal memang menjadi tempat khusus untuk pembuatan kapal baru. Selain itu, ada banyak aktivitas yang dilakukan di galangan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan dok kapal berikut ini. 

Apa Itu Galangan atau Dok Kapal?

Pengertian galangan kapal atau dock shipyard adalah tempat khusus untuk pembuatan dan perbaikan kapal. Jenis kapal yang ada di dok bisa kapal penumpang, kapal kargo, kapal wisata, kapal militer, dan lain sebagainya. 

Sebuah galangan memiliki ciri khas dan fasilitas yang berbeda-beda. Dok di negara-negara Eropa misalnya yang tempatnya terpisah dan biasanya dimiliki oleh perusahaan kecil. Fasilitas di dalam dok tergantung dari kegiatan atau operasional dok tersebut. 

Galangan atau dok yang digunakan untuk industri kapal berukuran besar biasanya memiliki fasilitas yang lebih banyak. Fasilitas di dalam dok bisa terdiri dari tempat pengecatan, fabrikasi, slipway, dan dok kering. 

*Baca Juga: Ketahui Apa itu Dermaga, Jenis, dan Fungsinya untuk Kapal

Di dok kering inilah kapal-kapal yang tidak lulus uji kelayakan akan dihancurkan. Kebanyakan dok kering dijumpai di negara-negara berkembang seperti wilayah Asia Selatan. 

Fasilitas dok kering sebelumnya ada di negara-negara maju. Namun, alasan gaji karyawan yang terlalu tinggi dan regulasi keselamatan lingkungan membuat fasilitas ini dipindahkan ke negara berkembang. 

Selain pembuatan kapal, aktivitas yang biasa dilakukan di sebuah galangan antara lain perancangan desain kapal, pemasangan plat, instalasi peralatan, tes kelayakan, dan klasifikasi kapal. 

Beberapa galangan juga ada yang dikhususkan hanya untuk perbaikan dan perawatan kapal. Galangan tersebut tidak digunakan untuk pembuatan kapal, melainkan untuk perawatan seperti perbaikan mesin kapal, konstruksi lambung kapal, dan lain sebagainya. 

Jenis-Jenis Galangan

Berdasarkan kegiatannya, galangan atau shipyard bisa dibedakan menjadi tiga kategori yaitu galangan pembuatan kapal, galangan perbaikan kapal, serta galangan pembuatan dan perbaikan kapal. Berikut penjelasan lebih lengkapnya. 

1. Building Dock Shipyard (Galangan Jenis Pembuatan Kapal)

Jenis galangan ini hanya diperuntukkan untuk pembangunan atau pembuatan kapal baru (new building ship). Di dalam lingkup building dock benar-benar dimulai dari awal konstruksi sebuah kapal hingga menjadi kapal baru yang siap diuji coba. 

Tentunya ada banyak aktivitas yang dilakukan di dok kapal ini, misalnya pemasangan plat lambung, instalasi peralatan, pemasangan gading, pengecekan quality control. Sebelum kapal siap digunakan, kapal bar ini juga menjalani serangkaian tes fungsi yang biasanya dilakukan oleh badan klasifikasi kapal yang telah ditunjuk. 

2. Repair Dock Shipyard (Galangan Jenis Perbaikan Kapal)

Berikutnya adalah galangan perbaikan kapal yang digunakan hanya untuk ruang lingkup perbaikan (repair) dan perawatan (maintenance) kapal. Jika ada kapal yang rusak, kapal akan dibawa ke dok ini untuk diperbaiki. Perbaikan yang dilakukan meliputi konstruksi badan kapal, sistem peralatan, dan lain-lain. 

3. Building and Repair Dock Shipyard (Galangan Jenis Pembuatan dan Perbaikan Kapal)

Jenis galangan kapal yang satu ini digunakan untuk pembuatan sekaligus perbaikan kapal. Fasilitas yang disediakan meliputi pembuatan kapal-kapal baru (new building) dan perbaikan kapal-kapal lama. 

Proses Docking Kapal dari Galangan

Kapal yang akan dipindahkan dari laut ke atas galangan akan melalui proses docking. Proses pemindahan atau penarikan kapal menuju galangan ini biasanya dilakukan untuk pemeliharaan atau perbaikan kapal. Metode docking yang paling umum dilakukan di Indonesia antara lain:

1. Slipway Dock (Dok Tarik)

Kapal yang ada di laut dapat dipindahkan ke galangan atau dok menggunakan slipway dock. Fasilitas ini biasanya berupa kolam besar yang berada di pinggir laut dengan dinding dan lantai beton. Pada bagian gate atau pintu pada umumnya menggunakan material baja yang bersentuhan langsung dengan laut. 

Metode penarikan kapal dengan fasilitas slipway dock ini mengandalkan tali baja, rel, dan mesin derek. Mesin akan ditarik dari permukaan air ke atas daratan melalui rel atau lantai dock tersebut. 

2. Floating Dock (Dok Apung)

Pemindahan kapal dari laut ke daratan juga dapat dilakukan menggunakan metode atau fasilitas floating dock. Sebuah dok apung yang berupa bangunan konstruksi di laut yang terbuat dari plat dan baja. 

Di dok apung ini dilengkapi dengan katup pengangkat. Pengedokan kapal dilakukan dengan mengapungkan atau menenggelamkan kapal secara perlahan dengan arah vertikal. 

3. Graving Dock (Dok Kolam atau Dok Gali)

Berikutnya adalah graving dock atau dok kalam yang dibangun dengan dinding kokoh. Dok di tepi laut ini memiliki pintu seperti tongkang yang terbuat dari baja. Bentuk pintu yang berongga pada dok ini dapat membuat pintu terapung dan proses pemindahan kapal lebih mudah. 

Fasilitas yang Ada di Galangan Kapal

Untuk menunjang kegiatan yang ada di sebuah galangan, tempat ini harus dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti berikut.

  • Tempat perancangan 
  • Bengkel Pipa
  • Bengkel plat
  • Bengkel mesin
  • Bengkel listrik
  • Gudang tempat menyimpan material
  • Gudang tempat menyimpan peralatan
  • Tempat pembuatan kapal baru
  • Tempat perbaikan dan pemeliharaan kapal

Semua proses yang terdapat di galangan kapal harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan penuh perhitungan, mengingat spesifikasi dari setiap kapal berbeda-beda. Maka dari itu, untuk melindungi kapal dari kerugian atas kerusakan kapal, Anda bisa memanfaatkan Asuransi Rangka Kapal

*Baca Juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Rangka Kapal

Produk asuransi ini hanya tersedia di Asuransi Astra untuk kapal niaga, seperti rangka kapal dan mesin kapal. Dengan asuransi rangka kapal, Anda bisa menjamin kapal dari kerugian akibat kerusakan yang disebabkan oleh cuaca, kecelakaan instalasi kapal hingga pembajakan kapal. 

Apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait asuransi rangka kapal, silahkan hubungi kami di nomor 1 500 112. Nantinya, akan ada customer service kami yang siap membantu Anda tentang manfaat produk asuransi rangka kapal. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda ya.