Ciri-Ciri Kampas Ganda Motor Beat, Mio, Nmax, Vario Mulai Aus

Ciri-Ciri Kampas Ganda Motor Beat, Mio, Nmax, Vario Mulai Aus

Pengguna motor matic saat ini lebih banyak dibandingkan motor biasa. Hal ini terjadi karena efisiensi dan fleksibilitas motor matic yang tinggi, sehingga nyaman untuk digunakan. Namun, proses perawatan motor matic juga harus diperhatikan, karena potensi kerusakan tetap ada. Salah satunya di kampas ganda motor yang fungsinya sangat penting untuk menjaga performa kendaraan.

Mengapa Kampas Ganda Harus Diperhatikan?

Kampas ganda motor harus mendapat perhatian lebih, karena jika tidak bisa menyebabkan dampak atau masalah. Meskipun telah melakukan penggantian oli dan servis rutin, nampaknya kampas ganda motor sering kali rusak pada motor beat, mio, nmax, dan vario.

Dilihat dari peran dan fungsinya, komponen motor matic ini menjadi bagian rangkaian CVT yang berfungsi sebagai penekan dan penahan mangkuk kopling. Dengan begitu, tenaga yang ditransfer dari mesin dapat diteruskan kepada bagian roda belakang motor.

*Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Service Motor

Oleh karena itu, bagi para pengguna motor matic, mio, beat, nmax, dan vario wajib mengetahui beberapa gejala atau tanda kampas motor yang mulai aus.

Inilah Ciri-Ciri Kampas Ganda Motor Matic Aus

Ada beberapa ciri dan karakteristik yang dapat menjadi indikasi bahwa kampas pada motor matic perlu diganti. Di bawah ini merupakan beberapa gejala yang harus dipahami.

1. Tarikan Terasa Berat

Jika tarikan motor terasa berat ketika membawa beban, artinya kampas pada motor matic mulai menipis. Hal ini menunjukkan terjadinya penurunan performa motor matic milik Anda, terutama terkait akselerasi atau tarikan motor yang lemah dan lambat. Normalnya, kondisi kampas ganda motor matic hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk kecepatan 120 km/jam.

2. Kopling Sering Terselip

Pada kampas motor matic yang bermasalah, salah satu tandanya adalah kopling yang mulai terselip. Hal ini sering terjadi, karena kampas sudah aus dan mudah terselip, terutama ketika motor digeber atau saat naik tanjakan curam. Namun pada beberapa kondisi, hal tersebut juga bisa terjadi karena oli mesin yang sudah lama tidak diganti, sehingga menjadi cepat aus.

3. Kick Starter Loss

Ketika memanaskan motor matic, lebih baik menggunakan kick starter daripada elektrik starter. Mengapa demikian? Karena bertujuan untuk menjaga performa kelistrikan, khususnya aki. Namun ketika Anda injak kick starter, tetapi terasa loss hal ini menjadi salah satu indikasi kampas motor matic yang mulai aus. Apalagi jika kondisi ini terjadi berulang kali ketika menggunakan kick starter.

4. RPM Tiba-biba Semakin Tinggi

Ciri-ciri selanjutnya, kampas ganda motor matic yang mulai aus adalah putaran mesin semakin tinggi. RPM yang tiba-tiba tinggi atau ngeden tidak bisa terjadi begitu saja, tapi disebabkan karena akselerasi yang melemah dan kondisi kampas kopling yang licin. Misalnya, kecepatan 50 km/jam idealnya butuh putaran 5000 RPM. Namun karena terjadi masalah pada kompas kopling yang mulai aus, putaran mesin butuh waktu yang lebih lama, hingga 8000 RPM misalnya.

Untuk itu, apabila Anda merasa putaran mesin sangat tinggi, itu bisa menjadi gejala kampas kopling yang semakin menipis dan bermasalah. Solusi yang bisa dilakukan yaitu mengganti kampas kopling dengan yang baru sehingga performa motor bisa kembali optimal.

5. Gas Terasa Brebet

Apakah motor matic Anda gasnya terasa brebet? Hal ini menjadi ciri-ciri bahwa kampas motor Anda sudah mulai aus. Apalagi jika saat motor digeber, maka nada atau gas motor suaranya lebih berat seperti tidak sesuai dengan tarikan tuas gas. artinya, antara tuas dengan RPM tidak sinkron.

Kondisi tersebut juga memungkinkan terjadinya masalah pada kampas ganda yang dapat memicu kerusakan di sektor ruang pembakaran yang tidak sempurna. Hal ini menjadi indikasi kuat bahwa kampas motor matic harus diganti dengan yang baru. Jadi apabila sudah diketahui masalahnya, karena kampas motor, jangan tunggu hingga benar-benar haus karena bisa beresiko fatal.

6. Tenaga Mesin Terbebani

Selain itu, kampas karena motor matic yang bermasalah bisa diketahui dari performa tenaga mesin yang mengalami penurunan secara perlahan. Tenaga mesin yang terbebani biasanya sangat terasa jika menaiki jalan yang medannya naik turun, misalnya kawasan perbukitan dan area pegunungan.

Meskipun masalah ini tidak serta-merta karena kampas motor, tetapi komponen ini menjadi sektor yang sangat berpengaruh terhadap tenaga mesin motor. Untuk itu, lebih baik melakukan pengecekan ke bengkel resmi untuk mengetahui detail tentang kondisi kampas motor matic Anda.

*Baca Juga: Pilih Bengkel Motor Resmi atau Non Resmi?

Jika kondisi masih normal kemungkinan masalahnya karena faktor lainnya. Namun jika terdapat kerusakan pada kampas motor yang menipis atau aus, maka harus segera menggantinya.

Itulah beberapa ciri-ciri kampas ganda motor matic yang mulai aus pada mio, beat, nmax, dan vario. Perlu Anda perhatikan, untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada komponen motor, Anda bisa mengasuransikan motor Anda di Garda Motor. Produk asuransi ini merupakan produk unggulan dari Asuransi Astra yang memberikan jaminan perlindungan menyeluruh untuk kendaraan bermotor..

Kondisi pertanggungan dan jaminan asuransi motor yang bisa Anda pilih, yaitu Total Loss Only (TLO) yang menjamin kendaraan bermotor Anda dari berbagai kerugian dan kerusakan total. Anda mendapatkan biaya perbaikan yang diperkirakan sebesar 75% di tahun berikutnya. Asuransi ini juga menjamin kerugian akibat pencurian atau kehilangan pada kendaraan sepeda motor Anda.