Cara Mengendarai Motor Kopling yang Benar untuk Pemula

Cara Mengendarai Motor Kopling yang Benar untuk Pemula

Cara untuk mengendarai sepeda motor kopling memang jauh berbeda dengan mengendarai motor biasa. Pengendara sepeda motor kopling perlu menjaga antara keseimbangan tangan dan kaki pada saat mengendarai motor jenis kopling, sebab kendaraan roda dua cukup sulit.

Hal ini tentu saja berbeda dengan motor matic ataupun motor bebek lainnya. Perbedaan yang paling terlihat di sini yaitu pada sistem kopling yang dimiliki oleh motor kopling. Motor bebek ataupun matic tidak memiliki kopling sehingga untuk mengendarainya bisa dengan bebas dan mudah.

Kopling merupakan salah satu komponen dari motor yang punya fungsi untuk menghubungkan antara mesin dan transmisi. Kopling ini akan membuat tenaga yang ada di mesin transmisi bisa disambung atau diputuskan sesuai dengan kebutuhan pada saat perpindahan gigi.

Tips Sebelum Mengendarai Motor Kopling

Sebelum mengendarai motor kopling ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk menjaga keamanan sehingga dapat mengendarai motor dengan lancar. Berikut ini merupakan beberapa persiapan yang perlu dilakukan mengendarai motor kopling.

  • Mengenakan Jaket

Pertama yang harus dilakukan yaitu menggunakan jaket. Saat akan bepergian jauh dengan menggunakan motor tentu saja Anda harus melindungi tubuh karena pada saat berkendara tubuh akan terkena tekanan angin dari depan sehingga Anda perlu menggunakan jaket untuk menahan angin tersebut.

  • Menggunakan Helm

Helm merupakan salah satu perlengkapan berkendara yang perlu dan wajib digunakan saat sedang berkendara. Bahkan ada aturan terkait wajib penggunaan helm. Helm ini sangat berguna untuk melindungi dari kecelakaan yang mungkin saja terjadi. Pastikan dalam yang digunakan yaitu helm SNI atau helm yang sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.

  • Menggunakan Pelindung Kaki dan Tangan

Tak hanya menggunakan pelindung untuk kepala dan badan saja pada saat berkendara Anda juga perlu memberikan perlindungan kepada kaki dan tangan. Perlindungan kaki dan tangan ini bisa dengan menggunakan sarung tangan dan sepatu. Penggunaan sarung tangan ini bisa melindungi dari panasnya sinar matahari.

  • Mengecek Kondisi Kendaraan

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum berkendara yaitu mengecek kondisi motor yang akan digunakan terlebih dahulu. Pengecekan kondisi motor ini sangat penting demi keselamatan dan kelancaran saat Anda berkendara.

*Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Service Motor

Pengecekan rem kopling transmisi, bahan bakar dan lain sebagainya perlu dilakukan sebelum menggunakan motor. Dengan begitu perjalanan akan lancarkan dengan tujuan dan mengurangi adanya risiko kerusakan yang mungkin terjadi.

Tips Saat Mengendarai Motor Kopling

Setelah paham bagaimana cara berkendara yang baik Anda juga perlu tahu cara untuk menggunakan motor kopling dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa tips yang harus diperhatikan pada saat akan mengendarai motor kopling.

  • Kenali cara menggunakan rem

Tips pertama yang harus diperhatikan yaitu mengenali bagaimana cara Anda mengerem motor kopling. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya penggunaan motor kopling ini memang jauh lebih sulit daripada motor biasa sehingga Anda perlu tahu bagaimana cara untuk menggunakan rem pada motor kopling.

Pada saat berada di tanjakan Anda tidak disarankan untuk menggunakan rem tangan, gunakan saja rem kaki sehingga motor tidak berjalan mundur.

  • Pastikan gigi dalam kondisi netral

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan, yaitu memastikan kondisi gigi dalam keadaan netral pada saat menggunakan motor kopling. Bagaimana cara untuk mengetahui motor dalam kondisi netral? Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan mengaktifkan kunci, maka Anda akan mengetahui kondisi gigi motor.

Pastikan bahwa gigi motor dalam kondisi netral sehingga pada saat Anda menyalakan motor maka tidak akan meloncat pada saat motor dinyalakan.

  • Gunakan persneling 3

Saat berada di jalan menurun maka pastikan Anda menggunakan persneling 3 sehingga jauh akan lebih nyaman dan mesin loss serta bahan bakar jauh lebih hemat.

  • Jangan melepas kopling mendadak

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan, yaitu hindari untuk melepaskan kopling secara mendadak. Sebaiknya Anda melepaskan kopling secara perlahan sehingga motor tidak akan meloncat.

Berkendara dengan menggunakan motor tidak terlepas dari risiko terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu Anda perlu memilih asuransi untuk sepeda motor yang Anda miliki. Pilihan asuransi terbaik yang bisa Anda gunakan adalah asuransi Garda Motor.

*Baca Juga: Punya Sepeda Motor? Yuk Ketahui Cara Memilih Asuransi Motor

Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dengan produk asuransi ini seperti prosedur klaim yang mudah serta kantor cabang yang tersebar di berbagai kota besar sehingga akan lebih mudah untuk klaim asuransi.

Selain itu, jika ingin mengatahui produk asuransi motor milik Asuransi Astra, kita memiliki layanan contact center Garda Akses 24 jam yang bisa membantu Anda memberikan informasi perlindungan untuk sepeda motor yang Anda miliki. Biaya perbaikan dari asuransi motor Astra ini juga lebih dari 75% atau jenis pertanggungan Total Loss Only (TLO).

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat akan mengendarai sepeda motor kopling. Tetaplah berhati-hati dalam berkendara, karena kecelakaan bisa terjadi kapan saja saat kita sedang berkendara di jalan.