Beberapa Istilah Dalam Asuransi yang Perlu Kamu Pahami

Beberapa Istilah Dalam Asuransi yang Perlu Kamu Pahami

Di zaman modern seperti saat ini, pastinya masyarakat sudah sangat familiar dengan pembiayaan asuransi. Sudah cukup banyak masyarakat yang memanfaatkan asuransi untuk jaminan di masa tua. Namun tidak sedikit juga dari masyarakat yang sepertinya masih memandang sebelah mata perihal penggunaan asuransi di Tanah Air. Padahal peran asuransi untuk mengcover kebutuhan kesehatan sangatlah penting untuk investasi di masa mendatang.

Dengan adanya biaya hidup yang mencangkup kesehatan, pendidikan dan pemeliharaan aset diperlukan supaya jika terjadi masalah dalam waktu dekat dapat diantisipasi dengan baik tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih. Melihat hal tersebut, dapat dikatakan jika asuransi ini merupakan sesuatu yang penting melihat dari fungsinya yang begitu banyak, khususnya dalam rangka melindungi risiko yang berkaitan dengan tanggungan hidup.

Pengertian Asuransi

Asuransi merupakan suatu bentuk perjanjian antara seorang penanggung dan tertanggung. Tertanggung memiliki kewajiban untuk membayarkan iuran kepada si penanggung. Adapun tujuan dari tertanggung adalah membayarkan hal itu sebagai ganti dari rugi dari finansial yang dimungkinkan dapat terjadi atas suatu kejadian. Dengan kata lain, asuransi akan mengcover kesehatan anda dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan polis asuransi tersebut.

Penanggung merupakan perusahaan asuransi, sedangkan tertanggung ialah pemilik atau nasabah dari asuransi. Adapun 3 unsur utama yang pasti ada dalam suatu perjanjian asuransi adalah premi, polis dan yang terakhir yakni klaim asuransi. Premi merupakan bentuk iuran wajib yang harus dibayarkan nasabah yang mana hal itu sesuai dengan waktu yang sebelumnya telah disepakati secara bersama antara penanggung dan juga tertanggung.

Sedangkan polis sendiri merupakan dokumen yang mana menyatakan tentang perjanjian yang telah dibuat antar kedua belah pihak dengan isi yakni sejumlah nominal premi, manfaat, risiko dan juga lain sebagainya yang tercantum disitu. Adapun klaim adalah sebuah pengajuan resmi pada perusahaan asuransi ketika terjadi risiko pada suatu kejadian. Pada polis, ketentuan risiko tertulis secara rinci disana, sehingga bila ada kejadian yang menjadi musibah tercantum dalam perjanjian maka asuransi dapat dicairkan untuk mengurangi beban nasabah pemilik asuransi.

Manfaat Asuransi

Setelah sebelumnya mengetahui secara ringkas tentang pengertian asuransi, kamu juga perlu mengetahui tentang manfaat asuransi. Sehingga nantinya ketika akan memilih asuransi akan mengetahui asuransi mana yang cocok dengan kebutuhan kamu kedepannya. Beberapa manfaat dari penggunaan asuransi antara lain:

1.Menjamin rasa tenang

Asuransi dapat memberikan penawaran perlindungan pada risiko yang dimungkinkan terjadi nantinya. Hal tersebut tentunya akan membawa rasa Peace of Mind pada pemiliknya, karena tidak perlu lagi bingung dengan sesuatu yang harus dicari untuk menutup kerugian yang timbul.

2. Meminimalkan terjadinya kerugian

Lewat pemanfaatan asuransi, akan dapat meminimalisir terjadinya kerugian terlebih pada kerugian yang tidak terduga. Dengan hal itu maka kebutuhan akan terus terpenuhi dengan stabil. Ini juga karena sebagian dari kebutuhan telah ditanggung oleh perusahaan asuransi. Jika tidak menggunakan asuransi, tentunya akan menjadi tanggungan yang berat karena nasabah haruslah mencari dana yang diperlukan untuk menutup kerugian yang dirasakan. Jika musibah maupun kerugian tersebut tercantum dalam polis, maka akan aman bagi nasabah, karena dicover dari perusahaan asuransi.

3. Turut Membantu dalam mengatur keuangan

Premi yang dibayarkan secara rutin secara tidak langsung akan memberikan pembelajaran terkait dengan bagaimana mengelola uang dengan baik untuk masa depan. Cara mempersiapkan masa depan adalah dengan menyisihkan sebagian dari pemasukan yang diperoleh lewat pembayaran premi setiap bulannya. Lewat pembayaran yang dilakukan secara rutin, maka akan memaksa seseorang dalam rangka menabung guna keperluan di masa mendatang nantinya. Sehingga uang yang ada tidak dihabiskan saat itu juga dan dapat dipersiapkan untuk nanti kedepannya.

*Baca Juga: Cara Memilih Produk Asuransi yang Tepat Untuk Kamu dan Keluarga

Istilah dalam Asuransi

Pada pelaksanaannya di lapangan, asuransi memiliki beberapa istilah yang sering didengar dan menjadi lazim diketahui oleh mereka yang memegang asuransi tertentu. Berikut beberapa istilah dalam asuransi yang sering didengar oleh masyarakat

  • Polis Asuransi

Polis asuransi ialah istilah yang digunakan untuk menyebut tentang kontrak perjanjian kerja sama yang tertulis baik antara Perusahaan yang menyediakan asuransi atau penanggung asuransi dengan nasabah yang memegang polis. Berbagai jenis kontrak asuransi baik itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa hingga asuransi kerugian disebut juga dengan nama polis asuransi. Isi dari perjanjian kerja sama dalam asuransi ialah kesepakatan bahwa nantinya penyedia asuransi bersedia untuk menanggung risiko sebagaimana yang tertera dalam polis sesuai jangka waktu tertentu.

  • Premi Asuransi

Guna memperoleh asuransi, pemegang polis haruslah membayarkan sejumlah premi pada penanggung asuransi. Premi asuransi mempunyai definisi sebagai sejumlah payment atau pembayaran yang telah ditetapkan sebelumnya untuk biaya pengalihan risiko dari para Pemegang Polis pada Penyedia jasa Asuransi. Besaran premi umumnya ditentukan oleh Penyedia Asuransi dan telah disepakati Pemegang Polis. Besar kecilnya premi umumnya ditentukan beberapa faktor diantaranya penyedia asuransi, usia tertanggung asuransi, gaya hidup hingga jenis kelamin .

  • Biaya akuisisi

Istilah satu ini merujuk pada biaya yang harus dibayar oleh pemegang polis guna memperoleh layanan sebagai bentuk nasabah Asuransi. Selain daripada biaya akuisisi, ada juga biaya yang disebut dengan biaya penerbitan polis. Dalam biaya penerbitan polis tersebut, ada didalamnya yakni biaya pembayaran agen asuransi dan juga biaya operasional perusahaan asuransi.

Begitulah pentingnya asuransi untuk hidup anda, asuransi dapat menyelamatkan finansial atau tabungan dana darurat anda jika ada risiko yang tidak diinginkan terjadi.  Asuransi Astra sebagai layanan asuransi di Indonesia memiliki berbagai jenis asuransi untuk melindungi aset berharga maupun diri anda.  Asuransi ini membantu masyarakat untuk mempersiapkan masa depan mereka dengan baik melalui beberapa produk layanan asuransi yang bisa menguntungkan anda.