Bagaimana Cara Monitoring Pergerakan Kapal Niaga di Laut?

Bagaimana Cara Monitoring Pergerakan Kapal Niaga di Laut?

Kemajuan perkembangan teknologi telah cukup pesat belakangan ini. Hal ini memungkinkan Anda untuk bisa memantau ataupun monitoring pergerakan kapal. Kegiatan monitoring ini bisa dilakukan caranya memakai teknologi satelit guna mengetahui pergerakan dari sebuah kapal.

Melalui bantuan dari VMS (Vessel Monitoring System) yang telah diimplementasikan saat ini pada berbagai jenis kapal dengan mudah serta real time. Sebuah alat transporter yang telah dipasang di kapal, kemudian mengirimkan sinyal AIS ke satelit sampai identifikasi secara mudah bisa terbaca.

Identifikasi tadi mulai dari posisi koordinat kapal, heading, kecepatan, sampai kepada riwayat pergerakan kapal bisa dengan mudah terbaca melalui aplikasi. Aktivitas pemantauan tadi dilakukan dengan cara real time, baik itu di dalam waktu jam, detik maupun detik tergantung pada data serta pengaturan untuk jenis transponder yang telah dipasang.

Tujuan Monitoring Pergerakan Kapal Niaga di Laut

Monitoring pergerakan kapal bisa implementasikan pada jenis kapal apapun termasuk Kapal Niaga dan umumnya dilakukan oleh pihak manajemen. Ini bertujuan untuk mengetahui posisi kapal tersebut. Adapun tujuan dari aktivitas pemantauan pergerakan kapal sebagai berikut:

  • Mengetahui posisi kapal, arah pergerakan (heading) kapal, dan kecepatan kapal.
  • Melihat record voyage pada sebuah kapal. Hal ini berfungsi di dalam mencatat jarak tempuh yang telah dilakukan oleh kapal serta kecepatan rata-rata yang sudah dipergunakan oleh kapal di dalam menempuh jarak tertentu.
  • Untuk memudahkan proses pencarian dan pertolongan saat terjadi kecelakaan di laut.
  • Untuk memperkirakan waktu tiba pada sebuah kapal (ETA).
  • Guna memberikan peringatan pada sebuah kapal, mengenai apakah kapal tadi ada di jalur serta daerah yang tepat saat beroperasi.
  • Guna mengetahui cuaca pada sekitar jalur yang akan dilewati oleh kapal.
  • Untuk membantu du dalam hal pelaporan serta bukti perjalanan kapal.

Cara Melakukan Pemantauan Pergerakan Kapal di Laut

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam melakukan pemantauan pergerakan kapal yaitu caranya memakai aplikasi tracking ataupun website yang sudah banyak disediakan saat ini. Berikut ini merupakan beberapa website yang menyediakan layanan monitoring kapal.

  • Marine Traffic

Platform ini untuk memantau pergerakan kapal serta tracking kapal yang sudah cukup terkenal serta banyak dipergunakan. Marine Traffic mempunyai lebih dari 600.000 pengguna yang telah terdaftar serta beberapa juta pengunjung setiap bulannya.

Hal ini dikarenakan platform mampu menyediakan data yang tergolong cukup real time serta terdapat beberapa fitur yang memudahkan bagi para penggunanya. Banyak fitur yang ditawarkan seperti weather, filter, map layer, dan kepadatan peta canggih.

  • Vessel Finder

Platform ini bisa melakukan monitoring kapal yang bisa dilihat secara mudah posisinya serta terhubung dengan integrasi AIS dengan cara real time setiap saatnya. Melalui aplikasi ini, seseorang bisa melihat identifikasi kapal seperti draught, course, speed, ship particular, dan last report yang akan ditampilkan saat Anda mengklik sebuah kapal pada perairan tertentu.

Menariknya lagi, Anda bisa melakukan voyage record dan port call dari berbagai pelabuhan yang telah disinggahi. Lali bisa dideteksi sampai beberapa minggu ke belakang dengan memakai data Historis AIS yang sudah dimiliki.

  • FleetMon

Aplikasi ini tergolong mudah untuk dipergunakan dan database yang dimiliki tergolong banyak seperti area seluruh dunia dengan cara real time. Beberapa informasi yang bisa dilihat secara jelas melalui aplikasi ini seperti heading kapal, kecepatan, last report, jenis kapal, dan bendera negara. Terdapat beberapa fitur yang menarik dan dimiliki platform yang satu ini seperti zona kustomisasi jadi akan memudahkan pengguna guna melihat kapal pada area tertentu saja.

  • My Ship Tracking

Sebuah situs yang menyediakan informasi mengenai posisi kapal dengan cara real-time pada seluruh dunia. Database yang dimiliki cukup besar sehingga memungkinkan pengguna dalam memantau kapal serta pelabuhan dengan cara efisien guna menganalisis lalu lintas laut pada seluruh dunia.

Situs ini memungkinkan Anda dalam menyimpan data penelusuran serta menawarkan layanan untuk para penggunanya di Android dan iPhone menggunakan aplikasi seluler sehingga mudah digunakan. Serupa dengan platform monitoring pergerakan kapal lainnya. Platform ini memiliki fitur untuk menyortir jenis kapal yang akan ditampilkan ke peta, serta nantinya bisa dipilih oleh pengguna.

*Baca Juga: Sebutan untuk Orang yang Melayani Telekomunikasi di Kapal

Itulah aplikasi untuk monitoring pergerakan kapal yang bisa Anda ketahui. Platform tersebut tentu keberadaannya sangat penting terutama untuk kapal niaga sehingga pihak perusahaan bisa mengetahui sampai dimana barang yang tengah dikirimkan. Berbicara mengenai monitoring kapal tentu saja itu merupakan hal yang penting. Namun untuk perlindungan maksimal tidak hanya menggunakan platform monitoring saja namun berikan juga asuransi untuk kapal niaga yang dimiliki.

Keuntungannya, tentu saja jika terjadi kerugian ataupun kerusakan pada kapal laut entah itu pada bagian rangka, mesin, dan juga peralatannya. Sehingga jika terjadi kerusakan biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak mengingat perawatan untuk kapal memang sangat besar biayanya. Jadi dengannya asuransi akan meringankan biaya yang harus dikeluarkan.

Sedikit tips untuk memilih asuransi kapal sebaiknya pilih yang memang sudah berpengalaman dan memiliki proses yang mudah salah satunya yaitu Asuransi Rangka Kapal. Ketika menggunakan asuransi ini kerugian ataupun kerusakan yang diakibatkan karena bahaya, ledakan, kebakaran, pembajakan, dan lain sebagainya bisa terjamin dengan baik.

Segera daftarkan kapal kamu dengan asuransi rangka kapal. Jaminan disesuaikan dengan jenis wording polis/klausul yang digunakan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi  1 500 112.