Apa itu Sunmori? Beberapa Istilah Sunmori dan Manfaatnya

Sunmori adalah salah satu istilah yang sering di gunakan untuk menyebutkan aktivitas rutin para pecinta atau komunitas motor. Biasanya kegiatan ini menjadi agenda rutin yang di jalankan oleh komunitas atau club motor untuk ajang berkumpul dengan sesama anggota.

Tidak semua orang tahu istilah-istilah yang di gunakan oleh komunitas motor dalam menyebutkan kegiatan-kegiatan mereka. Salah satunya adalah sunmori yang mana istilah ini sering dengar namun masih banyak orang yang tidak tau artinya.

Mungkin Anda juga sering mendengar istilah sunmori, tapi tidak tahu apa itu Sunmori dan manfaatnya. Jangan panic! Untuk menemukan jawabannya, yuk simak penjelasanya di bawah ini.

Mengenal Apa itu Sunmori?
Sunmori adalah singkatan dari “Sunday Morning Ride” yang jika di artikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah Perjalanan Minggu Pagi. Yaitu kegiatan berkendara yang di lakukan oleh para pemotor di minggun pagi.

Peserta kegiatan sunmori ini tidak terbatas, bisa di lakukan dengan jumlah peserta sedikit atau dengan banyak orang. Tergantung dari komunitas atau penyelenggara kegiatan sunmori tersebut. Bisa dari kalangan komunitas motor maupun pencinta motor apa saja.

Kegiatan ini biasanya di adakan untuk berkumpul sekaligus mempererat persaudaraan antar anggota club atau komunitas motor tertentu. Biasanya para pecinta motor melakukan kegiatan sunmori dengan jarak yang sudah di tentukan sebelumnya oleh semua anggota.

Istilah yang Sering Digunakan Oleh Pengendara Roda Dua
Selain istilah sunmori, masih ada banyak istilah-istilah lain yang sering di gunakan oleh pecinta motor untuk menyebutkan aktivitas motoran mereka.

1. Kopdar
Pernah dengar istilah kopdar? Istilah ini cukup popular dikalangan para pengendara roda dua atau forum otomotif. Kopdar adalah singkatan dari “Kopi Darat” yang diartikan sebagai kegiatan pertemuan sesama anggota klub motor atau komunitas motor.

Sebenarnya kopdar bisa di agendakan kapan saja tergantung pada persetujuan anggota komunitas motor itu sendiri. Tapi biasanya kopdar di jadwalkan setiap seminggu sekali dengan kegiatan pembahasan rencana komunitas kedepannya, mengadakan perjalanan ke daerah tertentu dan banyak lagi.

2. Jamnas
Jamnas adalah singkatan dari jambore nasional yang berarti perkumpulan tingkat nasional antara anggota komunitas motor di seluruh wilayah Indonesia.Beberapa komunitas otomotif biasanya berskala nasional, dengan perwakilan-perwakilan di setiap daerah di Indonesia.

Tujuan adanya kegiatan ini adalah untuk pertemuan nasional para kalangan club otomotif dan komunitas motor untuk memperkuat, memperkenalkan dan menjalin silaturahmi antar anggota.

3. Kopgab
Istilah yang juga sering di gunakan oleh kalangan premotor adalah kopgab yang merupakan singkatan dari “Kopi Gabungan”. Skala dari kegiatan ini lebih besar di banding dengan kopi darat atau kopdar.

Kegiatan kopgab menggabungkan satu komunitas otomotif atau komunitas motor dengan komunitas otomotif / motor lainnya.Tujuan dari kegiatan dari kopgab ialah untuk pertemuan sekaligus mempererat hubungan antara anggota komunitas yang satu dengan komunitas motor lainnya.

4. Tourjib dan Tourgab
Pernah mendengar istilah tourjib atau tourgab yang di ucapkan oleh anggota komunitas motor? Tourjib adalah singkatan dari “Touring Wajib” yang artinya mewajibkan para anggota premotor untuk melakukan touring yang sudah di rencanakan sebelumnya.

Sedangkan tourgab merupakan singkatan dari kata “Touring Gabungan” Yaitu touring yang di lakukan oleh beberapa komunitas motor dan semua anggotanya diharuskan untuk ikut. Kedua istilah ini sering di gunakan oleh premotor dalam mengikuti acara touring yang di selenggarakan oleh komunitas itu sendiri.

5. Rolling
Rolling adalah kegiatan yang sering di lakukan oleh pemotor atau komunitas motor berkendara dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Kegiatannya sama seperti istilah-istilah pemotor lainnya yaitu untuk berkumpul bersama dan mungkin membahas kegiatan selanjutnya.

6. Road Captain (RC)
RC adalah singkatan dari “Road Captain” yang merupakan sebutan untuk seseorang yang bertanggung jawab penuh atas kelancaran kegiatan touring dan keselamtan anggotanya.

Tidak hanya itu, karena tanggung jawab RC juga menjadi penunjuk arah untuk lokasi touring serta mengurus administrasi seperti izin jalan dari kepolisian.

7. Tikum
Tikum merupakan singkatan dari “Titik Kumpul” yang menjadi istilah untuk menentukan titik kumpul para pemotor sebelum mereka melakukan riding bareng.

Menentukan lokasi berkumpul sebelum melakukan kegiatan berkendara bersama, biasanya di komunikasin antar anggota dengan menyebutkan tikum atau titik kumpul. Biasanya lokasi yang menjadi pilihan kafe, bengkel terntent maupun di SPBU.

8. Safety Officer (SO)
Tugas dari Safety Officer atau lebih sering di sebut SO oleh para anggota komunitas motor bertugas untuk memastikan jalur yang akan di lewati aman.Seorang SO akan terus berkomunikasi dengan Voorijder saat mengatur kecepatan motor anggota touringnya.Sebagai SO berarti harus sangat paham akan situasi dan jalur yang menjadi rute perjalanan dari kegiatan touring anggota komunitasnya.

9. Voorijder (VO)
Dalam satu komunitas motor sudah pasti ada Voorijder atau di singkat VO yang memiliki tugas untuk memimpin perjalanan anggota komunitas serta mengatur kecepatan yang berdasarkan masukan dari RC SO dan SW.

VO memberikan tanda-tanda melalui gerakan kaki maupun tangan saat memimpin perjalanan untuk keselamatan rombongan dan para anggota harus menyampaikan tanda tersebut secara berantai kepada anggota lainnya.

10. Sweeper (SW)
Untuk menjaga keselamatan anggota komunitas motor, tidak hanya bergantung pada VO dan RC saja tapi juga pada Sweeper atau SW. Tugas dari SW adalah memastikan barisan rombongan tidak tercecer atau bahkan nyasar. Umumnya petugas SW di bagi menjadi dua bagian yaitu SW tengah dan SW belakang.

Sebagai petugas yang mengamankan barisan maka seorang SW di tempatkan di sisi kanan supaya lebih mudah dalam mengatur barsian anggotanya. Untuk perjalanan yang tetap kondusif maka SW berkordinasi dengan VO.

11. Anniversary
Untuk merayakan hari jadi atau memperingati ulang tahun terbentuknya komunitas tersebut, anggota komunitas motor menyebutnya dengan istilah anniversary.

Dalam merayakan hari jadi, biasanya semua anggotanya akan berkumpul bersama melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah di susun oleh penyusun acara di komunitas tersebut.

12. Sowan
Istilah yang biasa di sebutkan oleh para anggota komunitas motor adalah Sowan. Sowan merupakan kegiatan yang di lakukan kalangan komunitas motor untuk mengunjungi komunitas motor lainnya. Tujuan dari kegiatan ini tentunya untuk menjalin silaturahmi yang baik dengan anggota komunitas lain.

*Baca Juga: Punya Sepeda Motor? Yuk Ketahui Cara Memilih Asuransi Motor

Nah itu dia istilah-istilah yang sering di gunakan oleh para kalangan pemotor terutama anggota komunitas motor atau otomotif. Untuk melindungi kendaraan Anda dari hal-hal yang tidak di inginkan saat melakukan touring, ada baiknya Anda mengasuransikan kendaraan Anda.

Asuransi sepeda motor dari Astra memberikan keamanan dan melindungi motor Anda dari hal yang tidak di inginkan. Jika Anda ingin mengasuransikan kendaraan motor atau roda dua, pastikan hanya di Asuransi Astra. Garda Motor memiliki ratusan Insurance Administrator yang siap membantu Anda mendapatkan perlindungan terbaik bagi sepeda motor Anda.