Apa itu Moge? Deretan Motor yang Sering Disebut Moge

Apa itu Moge? Deretan Motor yang Sering Disebut Moge

Walaupun harganya cukup mahal dan hampir sama dengan harga mobil. Akan tetapi motor dengan CC besar atau yang kerap kali disebut dengan Moge atau motor gede ini selalu menunjukkan penjualan yang cukup baik di pasaran.

Tidak sedikit dari pemilik motor gede tersebut membentuk komunitas-komunitas yang tujuannya untuk sekedar sharing tentang pengalaman seputar motor gede hingga mengadakan event gathering maupun touring bersama anggota.

Guna mengetahui informasi lebih lanjut tentang motor gede tersebut, simak informasi selengkapnya mengenai motor gede dan deretan merek motor gede hanya pada artikel di bawah ini!

Apa itu Moge?

Di masyarakat, terdapat beberapa anggapan seputar apa itu motor gede, dan apa kategori motor yang dinamakan motor gede. Berikut ada beberapa penjelasan seputar istilah motor gede.

1. Motor Gede menurut orang Jepang

Sebagai produsen motor dunia bersama dengan Italia dan Amerika, Jepang melabeli motor gede bila motor tersebut memiliki mesin yang besarnya setara dengan 25 Hp atau horse power (tenaga kuda) atau punya kekuatan lebih dari 35 HP.

Jadi, sebuah motor dilabeli dengan sebutan motor gede bila memiliki hp atau horse power yang besar. Acuan motor besar di Jepang bukanlah CC melainkan HP. Horse Power sendiri adalah istilah untuk menggambarkan total kerja dari mesin motor dalam waktu tertentu.

2. Motor Gede menurut orang Italia dan Amerika

Adapun istilah tentang motor gede di Italia dan Amerika cukup berbeda dari Jepang. Pada Italia dan Amerika, motor dikatakan motor gede jika memiliki kubikasi mesin sebesar 600 cc ke atas. 

Adapun untuk pabrikan dari motor gede sendiri, produsen Amerika dan Eropa cukup diunggulkan. Beragam motor gede model lawas dan klasik jadi incaran para pecinta motor gede. Di Amerika sendiri terdapat pabrikan motor gede legendaris bernama “Indian Motorcycle”.

3. Motor Gede menurut orang Indonesia

Bagi masyarakat Indonesia, istilah moge atau motor gede diartikan sebagai motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc dan juga dikenai pajak yang mewah. Motor gede identik dengan kendaraan mewah yang hanya dimiliki oleh orang-orang kaya di Indonesia.

Ini membuat istilah motor gede menjadi lebih eksklusif bila melihat dari cara pandang orang Indonesia. Selain karena harganya yang mahal, motor yang berjenis 250 cc ke atas lebih banyak digunakan sebagai hobi saja.

*Baca Juga: Apa itu Sunmori? Beberapa Istilah Sunmori dan Manfaatnya

Deretan Motor yang Sering Disebut Motor Gede

Ada beberapa motor yang seringkali dikategorikan sebagai moge atau motor gede oleh masyarakat khususnya para pecinta otomotif. Deretan motor tersebut antara lain:

 

  • BMW K 1600B

 

Tak hanya memproduksi mobil, BMW juga turut memproduksi motor gede yang dinamakan dengan BMW K 1600B. Motor ini viral karena digunakan untuk touring pada saat pagelaran Asian Games 2018. 

Mengusung mesin dengan tenaga 1649 cc, 6 silinder, 4 tak dan 5 katup silinder yang mana mampu menghasilkan tenaga sebesar 160tk pada 7750rpm serta torsi 175 Nm pada 5250 rpm. Adapun kecepatan maksimal dari motor gede ini mencapai 200 km/jam. BMW K 1600B dihargai di pasaran dengan harga sebesar Rp. 1,15 miliar.

 

  • Harley-Davidson CVO Limited

 

Produsen motor ini memang sudah terkenal sebagai garda terdepan penghasil motor gede. Apalagi kalo bukan Harley Davidson. Motor gede dengan nama Harley-Davidson CVO Limited ini telah dibekali mesin bertenaga 1868 cc dan jadi motor Harley Davidson terbesar.

Mesinnya didesain dengan tipe V-Twin Cooled Milwaukee Eight 117 yang mana dapat menghasilkan torsi sebesar 166 Nm pada 3250 rpm. Harganya sendiri dibanderol sejumlah Rp. 1,8 miliar rupiah.

 

  • Triumph Rocket 3

 

Selain Harley Davidson, produsen motor lain yang dikenal dalam memproduksi motor dengan cc besar yakni Triump Motorcycles. Pabrikan motor gede asal Inggris ini mengeluarkan seri motor gede Triump Rocket 3 yang telah dibekali mesin 3 silinder dengan kapasitas 2500 cc.

Mesin tersebut diklaim punya tenaga sebesar 164 tk dan torsi sebesar 221 Nm. Sekarang ini Rocket 3 jadi motor dengan torsi paling besar di dunia. Adapun harganya sendiri di pasaran masih di kisaran Rp. 750 juta hingga Rp. 1 miliar.

 

  • Moto Guzzi California Touring SE

 

Motor gede yang basisnya di Italia ini turut memainkan dunia motor gede dengan berhasil memproduksi Moto Guzzi California Touring SE yang punya mesin model V-longitudinal dengan kekuatan sebesar 1380 cc. 

Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 95.21 tk. Adapun harganya di pasaran mencapai Rp. 812 juta. Motor ini banyak dijadikan pilihan komunitas touring dengan menggunakan motor gede.

 

  • Honda Goldwing

 

Bila kebanyakan masyarakat mengenal Honda sebagai produsen motor bebek maupun matik, namun jangan salah. Honda juga telah memproduksi motor dengan cc yang besar. Ini sekaligus mematahkan asumsi bahwa Honda penghasil motor dengan cc kecil.

Lewat salah satu serinya yakni Honda Goldwing, Honda berhasil memproduksi mesin dengan cc besar yang dibekali dengan mesin 6-silinder segaris sebesar 1832 cc. Kapasitas ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 124 tk pada 5500 rpm dan torsi 170 Nm pada 4500 rpm. 

Harga yang ditawarkan di pasaran cukup fantastis. Harga Honda Goldwing ini di pasaran mencapai Rp. 1,1 miliar.

*Baca Juga: Punya Sepeda Motor? Yuk Ketahui Cara Memilih Asuransi Motor

Demikian informasi seputar moge, beserta deretan motor yang identik dengan sebutan motor gede. Dapatkan juga informasi lainnya seputar asuransi motor dari Asuransi Astra! Kami adalah perusahaan asuransi kendaraan terbaik yang memberikan jaminan berupa Total Loss Only (TLO). Anda bisa menghubungi kami di nomor  1 500 112 untuk informasi lebih lengkapnya.