Apa itu Asuransi? Manfaat, Jenis Beserta Contohnya

Apa itu Asuransi? Manfaat, Jenis Beserta Contohnya

Istilah mengenai asuransi tidak lagi asing bagi sebagian orang di Indonesia. Sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan asuransi sebagai jaminan untuk masa depan, khususnya hari tua. Akan tetapi tidak sedikit pula yang masih memandang sebelah mata akan manfaat asuransi tersebut. Padahal manfaat dari asuransi tersebut sangatlah besar bagi kehidupan di masa mendatang terlebih lagi jika memiliki keturunan.

Biaya hidup yang meliputi rumah sakit, pendidikan dan lain sebagainya terus meningkat tiap tahunnya. Bila tidak diantisipasi dengan baik menggunakan asuransi, dikhawatirkan dapat menjadi beban hidup yang merepotkan kedepanya. Maka dari itu, dapat dikatakan jika asuransi adalah sesuatu yang penting, mengingat fungsinya yang bermanfaat untuk melindungi segala risiko yang berkaitan dengan tanggungan dalam hidup.

Pengertian Asuransi

Asuransi adalah bentuk perjanjian antara yang tertanggung dan juga penanggung. Tertanggung itu artinya harus membayar iuran pada penanggung. Tujuannya yakni untuk mendapatkan ganti rugi dari risiko finansial yang dapat dimungkinkan terjadi. Adapun penanggung merupakan perusahaan asuransi, sedangkan tertanggung sendiri ialah nasabah ataupun pemilik dari asuransi.

*Baca Juga: Tips Memilih Asuransi yang Baik dan Terpercaya Di Indonesia

Ada 3 unsur utama dalam asuransi, yakni polis, premi dan juga klaim asuransi.

Polis adalah suatu dokumen yang menyatakan tentang perjanjian antara kedua belah pihak, yang mana isinya yakni jumlah premi, manfaat, risiko dan juga lain sebagainya. Sedangkan premi merupakan iuran wajib yang harus dibayarkan oleh nasabah sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama.

Klaim sendiri merupakan pengajuan resmi pada perusahaan asuransi pada saat terjadi risiko. Dalam polis, ketentuan risiko apa saja yang bisa ditanggung semua tertulis disana. Sehingga bila musibah masuk dalam kategori perjanjian, maka asuransi dapat digunakan untuk mengurangi beban.

Manfaat Asuransi

Setelah mengetahui penjelasan tentang apa itu asuransi, pembaca perlu mengetahui secara umum tentang apa itu manfaat dari asuransi khususnya untuk diri sendiri, sehingga nantinya pada saat memilih asuransi yang terbaik dapat mempertimbangkan manfaatnya ini. Berikut ini beberapa manfaat asuransi, diantaranya:

1.Memberikan rasa tenang

Asuransi memberikan penawaran perlindungan pada risiko yang terjadi nantinya. Hal ini tentunya akan memberikan rasa tenang, karena pengguna jasa asuransi tidak dibingungkan dengan sesuatu yang tidak terduga yang dapat terjadi nantinya.

2. Membantu mengatur keuangan

Pembayaran premi yang dilakukan secara rutin secara tidak langsung telah memberikan pembelajaran tentang cara mengelola uang. Caranya adalah dengan menyisihkan sebagian dari pemasukan yang ada. Orang yang tidak mampu untuk menabung tentu merasakan ini. Dengan membayarkan premi secara rutin, setidaknya hal tersebut memaksa seseorang untuk menabung mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang, sehingga uang tidak habis sia-sia tanpa adanya hasil dan persiapan untuk masa depan.

3.Meminimalisir adanya kerugian

Dengan menggunakan asuransi, setidaknya dapat meminimalisir kerugian bila ada kejadian yang tidak terduga. Sehingga kebutuhan akan terus terpenuhi dengan stabil. Hal ini karena sebagian biaya telah ditanggung perusahaan asuransi guna mengganti kerugian yang dialami. Bila tidak menggunakan asuransi, dapat dipastikan menjadi tanggungan yang berat karena harus mencari dari mana dana untuk membayarkan kerugian yang diperoleh. Bila musibah atau kerugian yang dialami tercantum dalam polis maka hal tersebut dapat menjadi ringan.

Asuransi Astra

Asuransi Astra hadir dalam bentuk layanan asuransi yang dapat memudahkan kita mempersiapkan kebutuhan di masa depan. Dengan berbagai pilihan produk asuransi terbaik, kini asuransi astra bisa menjadi pilihan terbaik anda sebagai jaminan kesehatan. Memilih asuransi sstra berarti siap untuk menikmati layanan yang juga diimbangi dengan nuansa syariah serta kerja sama yang baik dengan berbagai layanan rumah sakit yang profesional dan telah dikenal kualitasnya di dalam negeri.

Tidak hanya itu, asuransi astra unit syariah yang tujuannya untuk meluaskan skala usaha dan juga memenuhi kebutuhan yang tambah beragam. Produknya sendiri mencangkup konvensional, pengelolaan dana hingga wording polis. Asuransi yang bertajuk syariah ini dapat menjadi solusi untuk perlindungan yang komprehensif bagi aset pelanggan untuk produk yang komersial.

Demikian juga untuk keluarga anda, kebutuhan seperti rumah sakit, pendidikan, kendaraan dan lain sebagainya perlu diantisipasi sedini mungkin agar tidak menjadi bebang nantinya. Sehingga anda akan jauh lebih aman dari biaya yang berlebih, tidak keteteran dan merepotkan untuk menjadi tanggungan di hari tu, karena asuransi sendiri dapat menjadi kunci dari permasalahan anda.