Asuransi Astra Terbaik di Tiga Penghargaan BergengsiJakarta, 12 Juni 2015; Asuransi Astra selama tiga hari berturut-turut meraih kemenangan dalam tiga penghargaan bergengsi di Indonesia, yaitu predikat Best General Insurance 2015 dalam Media Asuransi Insurance Ward 2015 oleh Majalah Media Asuransi, predikat The Best in Building and Managing Corporate Image dalam Corporate Image Award 2015 oleh Majalah Tempo dan Frontier Consulting Group, serta predikat Best Financial Performance dalam Living Legend Companies Award 2015 oleh Majalah Warta Ekonomi.

 

Dalam Media Asuransi Insurance Award 2015, riset dilakukan oleh Lembaga Riset Media Asuransi atas Laporan Keuangan Publikasi per Desember 2014 dari 50 perusahaan asuransi jiwa, 81 perusahaan asuransi umum, dan lima perusahaan reasuransi. Penilaian perusahaan asuransi dikelompokkan berdasarkan ekuitasnya, dan harus memenuhi kriteria seperti mempublikasikan laporan keuangan di surat kabar, membukukan laba dalam dua tahun berturut-turut, mendapatkan opini ‘Wajar Tanpa Pengecualian’ dari akuntan publik yang melakukan audit laporan keuangan, serta memiliki rasio solvabilitas (RBC) minimum 120%. Dalam penghargaan yang dilaksanakan pada 9 Juni 2015 di Jakarta, ini Asuransi Astra meraih predikat Best General Insurance 2015 dengan ekuitas Rp>1,5 triliun.

 

Berikutnya, Asuransi Astra juga menjadi juara dalam Corporate Image Award 2015 pada 10 Juni 2015 di Jakarta dengan menyandang predikat The Best in Building and Managing Corporate Image. Riset dalam penghargaan ini dilakukan oleh Frontier Consulting Group terhadap empat kelompok responden, yaitu manajemen/pelaku bisnis, stock holder/investor, jurnalis (selain jurnalis infotainment), dan masyarakat publik. Sebanyak 3.525 responden dilibatkan dalam riset ini melalui face to face interview,telephone interview, dan online survey. Pengukurannya sendiri menggunakan empat dimensi, yaituquality, performance, responsibility, dan attractiveness. Dalam Corporate Image Award 2015 Asuransi Astra mendapatkan nilai indeks sebesar 1.755 atau yang terbaik di industri asuransi umum.

 

Terakhir, yaitu pada Kamis, 11 Juni 2015 Asuransi Astra mendapatkan anugerah dalam Warta Ekonomi Living Legend Companies Award 2015. Penghargaan yang digelar untuk kedua kalinya ini bertujuan mengapresiasi kemampuan perusahaan-perusahaan yang bertahan dan berhasil membukukan laba yang mengesankan. Terdapat 130 perusahaan berusia lebih dari 50 tahun yang dikaji oleh tim riset Warta Ekonomi dalam penghargaan ini. Proses pemilihan dilakukan melalui desk research dengan tiga tahap penilaian. Tahap pertama adalah menilai sejarah dari perusahaan maupun brand, tahap kedua adalah menilai inovasi layanan produk dan jasa serta strategi pemasaran perusahaan, dan tahap ketiga adalah menganalisis kinerja keuangan perusahaan pada 2013 hingga 2014 dengan menggunakan berbagai metodologi berdasarkan karakteristik dari sektor industri perusahaan. Berdasarkan kajian tersebut akhirnya Asuransi Astra dianugerahi Special Mention Award sebagai Best Financial Performance.

 

Ketiga penghargaan tersebut semakin memantapkan posisi Asuransi Astra sebagai perusahaan asuransi umum yang memiliki kinerja keuangan baik dengan berbagai inovasi layanan sehingga  mampu bertahan tetap menjadi yang terbaik di industri. Menurut Santosa, CEO Asuransi Astra, penghargaan ini merupakan wujud apresiasi dari masyarakat atas perbaikan berkelanjutan yang Perusahaan lakukan. “Saya ucapkan terima kasih atas penghargaan-penghargaan yang kami raih. Namun di atas itu semua, yang kami cari adalah kepuasan pelanggan, bagaimana kami tetap bisa memberikan ‘peace of mind’ kepada jutaan pelanggan melalui layanan-layanan yang kami miliki,” ungkap Santosa.

 Tentang Asuransi Astra

Asuransi Astra telah hadir melayani pelanggan selama lebih dari setengah abad, tepatnya sejak 12 September 1956. Perusahaan yang dikenal dengan produk asuransi kendaran bermotor Garda Oto ini hadir melayani pelanggan melalui jaringan layanan yang tersebar di 27 kantor cabang, serta unit layanan dan Garda Center yang terus berkembang. Selain asuransi kendaraan bermotor, produk lain dari Asuransi Astra adalah asuransi industri pertambangan, asuransi industri agribisnis, asuransi ruko, asuransi SPBU, asuransi syariah, asuransi kesehatan Garda Medika, dan lain-lain.

 

Pada 2014, Asuransi Astra berhasil membukukan Premi Bruto (GWP) sebesar Rp4,1 triliun, dengan laba bersih sebesar Rp1 triliun.

 

Kinerja Asuransi Astra selama ini pun telah diakui dengan berbagai penghargaan yang telah diterima, diantaranya: Platinum-Indonesia Best Brand Award (2002-2014), Top Brand Award (2007-2015), Service Quality (2007-2015), Indonesia’s Most Admired Company (2007-2014), Greatest Brand of the Decade, Diamond-Indonesia’s Customer Satisfaction Award (2001-2014), Best General Insurance kategori kelompok ekuitas Rp750 miliar ke atas versi Majalah Media Asuransi (2011-2012), Asuransi Umum dengan kinerja keuangan sangat bagus dalam Infobank Award (2008-2014), Bisnis Indonesia Insurance Award (2012), Social Media Award (2012), Digital Brand of The Year (2012-2013), The Best Insurance Companies kategori asuransi umum beraset di atas Rp3 triliun versi Majalah Investor (2014), Investor Best Syariah Award (2014) WOW Brand Award (2014), dan lain-lain.

 

Dengan dukungan cabang dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia, layanan terbaik dan sederet pencapaian prestasi tersebut, tentunya tidak menghentikan langkah inovasi Asuransi Astra melalui produk-produk yang terbangun dari semangat baru Asuransi Astra untuk selalu memberikan kenyamanan dan ketenteraman bagi setiap pelanggan. Karenanya, Asuransi Astra akan menginvestasikan waktu dan upaya agar Anda selalu tersenyum. “Peace of mind to millions” adalah hasil yang akan Asuransi Astra berikan kepada setiap pelanggan.