Catat Kinerja Positif Setiap Tahunnya, Asuransi Astra Kantongi Tiga Penghargaan

Catat Kinerja Positif Setiap Tahunnya, Asuransi Astra Kantongi Tiga Penghargaan

Jakarta; Perkembangan dan perubahan terkini secara signifikan memengaruhi lanskap ekonomi Indonesia, menandai pertumbuhan di berbagai aspek industri yang didasari oleh dorongan untuk bersikap cekatan dan adaptif serta strategis bagi para pelaku usaha. Karena perubahan tersebut, disadari atau tidak, membuka peluang baru untuk beragam inovasi guna mengembangkan bisnis sekaligus membangun citra perusahaan serta performa finansial ke arah yang lebih baik. Dengan fokus yang jelas pada pembangunan berkelanjutan demi mencapai tujuan sebagai the most sustainable general insurance in Indonesia, Asuransi Astra berhasil mengukuhkan fondasi keuangan yang kuat selama bertahun-tahun melalui beragam terobosan setiap tahunnya, meraih berbagai penghargaan, diantaranya 25th Infobank Insurance Award 2024 oleh Infobank, Insurance Market Leader 2024 oleh Media Asuransi, dan Best Insurance Award 2024 oleh Majalah Investor.

Ajang penganugerahan 25th Infobank Insurance Awards oleh Majalah Infobank, Asuransi Astra berhasil mengantongi dua kategori sekaligus, yaitu Perusahaan Asuransi Umum Berpremi Bruto Rp2,5 T ke Atas yang diberikan kepada perusahaan asuransi yang dianggap memiliki predikat “sangat bagus” atas kinerja keuangannya selama tahun 2023. Tak hanya itu, Asuransi Astra juga mendapatkan penghargaan Golden Trophy karena dianggap sukses mempertahankan title selama 5 tahun berturut sesuai dengan kategorinya. Penilaian pada kedua penghargaan ini melalui dilakukan melalui desk research terhadap annual report terbaru dari Asuransi Astra.

Kemudian berkat kinerja keuangan yang mengalami pertumbuhan secara positif pada setiap tahunnya ini juga berhasil mempertahankan posisinya sebagai salah satu perusahaan yang masuk ke dalam daftar 15 Perusahaan Asuransi Umum Terbaik yang diselenggarakan oleh Media Asuransi pada Insurance Market Leaders Award 2023. Pada tahun ini Asuransi Astra berhasil menaiki satu peringkat di atas dibandingkan tahun sebelumnya yang membuktikan peningkatan pada kinerja yang pada tahun lalu sudah tercatat baik. Penilaian pada penghargaan ini dilakukan dengan melakukan analisis laporan keuangan masing-masing perusahaan selama 2023 yang didasarkan pada premi bruto yang dicapai perusahaan.

Penghargaan selanjutnya, masih dalam pencapaian atas kinerja keuangan yang solid, Asuransi Astra melalui penghargaan Best Insurance (Asuransi Terbaik) Award 2024 dari InvestorTrust dianggap sukses menduduki gelar sebagai salah satu perusahaan dari tiga perusahaan lainnya yang berhasil meraih penghargaan kategori Asuransi Umum Beraset di atas Rp5 Triliun untuk kesekian kalinya. Adapun metode penilaian setelah dilakukan analisa desk research yang dilakukan oleh para juri dengan meninjau dan membandingkan pencapaian tiap perusahaan dengan melihat laporan keuangan masing-masing perusahaan.

Berupaya terus mengedepankan pertumbuhan berkelanjutan perusahaan menjadi salah satu landasan Asuransi Astra agar dapat mempertahankan kinerja dan memberikan peace of mind kepada seluruh pelanggan. Tentunya hal ini dilakukan melalui perwujudan inovasi yang telah dirumuskan untuk mengembangkan produk dan layanan guna menjawab kebutuhan serta tetap memberikan kemudahan bagi para pelanggan. Demi mencapai hasil yang optimal, tentunya hal ini didongkrak oleh komitmen yang sudah lama tertanam oleh insan Asuransi Astra, penerapan budaya yang unggul, konsistensi dalam penerapan strategi dan kemampuan beradaptasi yang cepat, kreatif dan inovatif untuk meraih yang terbaik. Di mana salah satu wujud komitmen dan konsistensi ada dalam pelaksanaan strategi triple P roadmap yang terdiri dari Portfolio, People, dan Public Contribution oleh seluruh karyawan Asuransi Astra.

Di mana pada Portfolio Roadmap, Asuransi Astra senantiasa melakukan diversifikasi portofolio yang terbagi dalam tiga lini bisnis utama yaitu asuransi kendaraan bermotor, komersial, dan kesehatan. Di samping itu Asuransi Astra menerapkan menerapkan mitigasi risiko agar dapat mencapai hasil underwriting yang lebih baik dengan terus mengedepankan prudent management dalam pengelolaan underwriting, operation excellence, dan mengutamakan profil risk & return dalam pengelolaan investasi. Pada People Roadmap, Asuransi Astra secara aktif meningkatkan kemampuan karyawannya melalui pengembangan hingga sertifikasi keahlian guna berupaya menjaga kesiapan SDM agar dapat bergerak agile dan adaptif terhadap setiap perubahan dan perkembangan bisnis melalui internalisasi budaya kami yaitu, Peace & Fun. Pada Public Contribution Roadmap, Asuransi Astra secara konsisten membantu terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh PBB khususnya di 4 Pilar utama yaitu pendidikan berkualitas dengan literasi keuangan, kesehatan masyarakat di pengentasan stunting, pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM, serta kesejahteraan lingkungan dengan upaya mewujudkan net zero emission.

Keunggulan atas kinerja keuangan Asuransi Astra juga dibuktikan dari segi credibility dan pengakuan global, yakni kemampuan perusahaan dalam mempertahankan peringkat skala internasional dari AM Best yaitu Financial Strength Rating A- (Excellent) dengan outlook stabil  dan perolehan peringkat Indonesian National Scale Rating aaa.ID (Exceptional) dari AM Best dengan outlook stabil atas pencapaian Asuransi Astra di tahun 2023.

“Menjaga kinerja perusahaan dari segala sisi bukan hanya saja semata-mata untuk mempertahankan brand agar tetap eksis di kalangan masyarakat, namun juga menjadi upaya kami untuk mendapatkan kepercayaan dan mempertahankan loyalitas pelanggan serta masyarakat kepada perusahaan. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan berkat dedikasi serta komitmen yang baik serta dukungan dan kolaborasi para stakeholder. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami agar dapat terus konsisten menerapkan strategi serta tidak berhenti berinovasi agar dapat terus bertumbuh baik dan memberikan peace of mind kepada jutaan orang,“ Finance Director Asuransi Astra, Maximiliaan Agatisianus.