Berhasil Implementasikan Wellbeing Management dan Berikan Peace of Mind kepada Karyawan, Asuransi Astra Sabet HR Excellence Award 2024

Berhasil Implementasikan Wellbeing Management dan Berikan Peace of Mind kepada Karyawan, Asuransi Astra Sabet HR Excellence Award 2024

Jakarta; Peran Human Capital (HC) sangat penting dalam sebuah perusahaan untuk menciptakan dan menjaga sistem kerja yang mendukung dan ideal, program kesejahteraan yang baik dan lingkungan kerja yang nyaman. Hal ini tentunya untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak hanya berkualitas dalam sisi keahlian namun juga berkomitmen untuk bersama-sama mencapai tujuan perusahaan. Asuransi Astra dianggap sukses mengimpelementasikan program wellbeing management yang baik sehingga berhasil mengembangkan potensi karyawannya agar dapat cekatan dalam beradaptasi dan menemukan peluang baru, meraih penghargaan HR Excellence Award 2024 dari Majalah SWA di kategori Wellbeing Management dengan predikat Excellent.

SWA Media Group bersama dengan Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis (LMFEB) Universitas Indonesia menggelar event ‘The 15th Indonesia HR Excellence Conference & Awarding 2024’ dengan tema “Building Agility and Work Experience Towards Future-Ready Organization”. Tema ini diangkat untuk mendorong praktik manajemen Human Resources (HR) yang excellent di Indonesia, sebagai nakhoda perubahan di sebuah perusahaan agar kinerja perusahaan terus tumbuh dan berkelanjutan. Peserta awarding dibagi ke dalam sejumlah kategori bidang HR yang menjadi peminatan di antaranya kategori Learning & Development (L&D) and Knowledge Management, Reward Management & Talent Retention Strategy, HR Digitization and People Analytics, Employer Branding and Talent Acquisition, serta Wellbeing Management. Setelah melakukan penjaringan peserta dan seleksi administrasi, metode penilaian dilanjutkan dengan penjurian bersama dewan juri secara daring, seleksi kandidat peraih penghargaan yang didasarkan dari rapat pleno dewan juri dengan pertimbangan perusahaan yang meraih skor di atas 90 (predikat Excellent), dan penetapan peraih penghargaan di mana dilakukan peninjauan terhadap kandidat penghargaan untuk menetapkan perusahaan peraih penghargaan, dengan predikat Very Good & Excellent.

Tidak hanya kepada pelanggan dan lingkungan sekitar, peace of mind juga berusaha digaungkan kepada para karyawan agar pesan yang ingin disampaikan karyawan kepada pelanggan menggema lebih dahulu di dalam sebelum tersebar ke luar. Hal ini selain dapat menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara mental, fisik, dan emosional, namun juga dapat menumbuhkan rasa sense of belonging sebagai karyawan perusahaan yang nantinya dapat mengeratkan hubungan sehingga memberikan dampak lebih baik bagi keberlangsungan perusahaan. Asuransi Astra dengan didasarkan tata nilai Peace & Fun, memiliki Employee Value Proposition (EVP) sebagai bentuk dukungan dan apresiasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan untuk memberikan pengalaman positif serta rasa aman dan nyaman sehingga meningkatkan employee engagement. EVP Asuransi Astra terdiri dari empat pilar yang terdiri dari Employee Wellbeing, Partnership Working, Infinite Development, dan Peace & Fun Culture.

Pada pilar Employee Wellbeing, pilar yang fokus memberikan kesejahteraan dalam keseluruhan aspek yang terbagi atas aspek physical, financial, dan emotional bagi karyawan perusahaan. Melalui pilar ini kami mengadakan beberapa kegiatan untuk mendukung tercapainya keseimbangan aspek-aspek terkait melalui beberapa seminar dengan konsep hybrid yang biasa disebut dengan program Employee Orientation, program Wellbeing One Day Treat  Friday Knowledge Sharing dengan financial planner, psikologi, hingga para ahli dan profesional lainnya serta workshop lainnya seperti memasak dengan Master Chef hingga Calm Clinic. Kemudian untuk pilar Partnership Working, pilar yang memberikan kesempatan bagi seluruh karyawan untuk bekerja sama dan saling bersinergi antar bagian, yaitu dengan mengadakan open recruitment bagi seluruh karyawan agar ikut terlibat dalam kepanitiaan acara.

Selanjutnya, pada pilar Infinite Development bertujuan untuk mengembangkan dan memperluas diri, wawasan hingga kompetensi karyawan dalam berbagai program berkesinambungan dan mengikuti situasi terkini melalui kepanitiaan sehingga dapat saling dapat bertukar ide, belajar dan meningkatkan soft skill dan hard skill selama persiapan acara berlangsung. Lalu pada pilar Peace & Fun Culture, perusahaan memberikan gambaran seutuhnya bahwa karyawan Asuransi Astra harus selalu sigap dan cepat tanggap terhadap seluruh tantangan yang ada dengan tujuan memberikan suasana kerja yang aman dan nyaman.

“Bagi kami, karyawan merupakan aset perusahaan yang dianggap sebagai roda penggerak guna mencapai tujuan dan mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik. Maka dari itu, penting untuk menjaga mereka sebaik-baiknya, dengan selalu memastikan kesejahteraan mereka yang juga berarti untuk kami. Semoga dengan adanya penghargaan ini, kami mampu memperkuat budaya dan lingkungan kerja yang positif guna mempertahankan komitmen dalam memberikan peace of mind melalui inovasi terhadap produk dan layanan, agar kami dapat menjadi perusahaan asuransi yang dapat diandalkan di setiap masa,” Ucap EVP Human Capital & Facilities Management Asuransi Astra, Tri Rahayu Andayani.