LENTERA : 2.536 Pelajar Vokasi di 23 Kota Cakap Literasi Keuangan Bersama Asuransi Astra

LENTERA : 2.536 Pelajar Vokasi di 23 Kota Cakap Literasi Keuangan Bersama Asuransi Astra

Jakarta; Dengan literasi keuangan yang tepat, seseorang, khususnya generasi muda, dapat mempersiapkan diri menghadapi krisis global yang mungkin terjadi di masa depan. Literasi keuangan memberikan pengetahuan dari konsep dasar hingga nilai uang untuk membuat keputusan keuangan yang kemudian membantu dalam mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan produktivitas tenaga kerja demi menciptakan bibit-bibit pembangun bangsa yang cekatan dalam menghadapi perubahan dan bersaing. Berangkat dari hal tersebut, pada bulan Mei hingga Juni tahun ini, Asuransi Astra berhasil menghadirkan program Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra (LENTERA) dengan tema “Cerdas Mengelola Keuangan, Bangun Masa Depan” kepada 2.536 pelajar vokasi, yang juga menjadi salah satu sasaran prioritas kegiatan literasi dan inklusi keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di 23 kota di Indonesia.

Program LENTERA diinisiasi oleh Asuransi Astra guna mendukung akselerasi pemerataan literasi di Indonesia serta peningkatan inklusi keuangan yang harus mencapai 90 persen pada tahun 2024 sehingga dibutuhkannya kolaborasi dari berbagai pihak guna mencapai kesejahteraan bangsa bersama. Pada bulan Mei, LENTERA pertama kali diselenggarakan di kota Semarang, yang kemudian berlanjut ke 22 kota lainnya diantaranya Cirebon, Lampung, Pekanbaru, Bandung, Bogor, Batam, Manado, Medan, Malang, Palembang, Padang, Surabaya, Balikpapan, Banjarmasin, Kediri, Yogyakarta & Solo, Karawang, Makassar, Jambi, Samarinda, Denpasar, dan ditutup di Jakarta tepatnya di SMKN 20 Jakarta pada 19 Juni 2024 lalu.

Sedikit berbeda dengan pelajar dari sekolah akademik, sebagian besar pelajar vokasi memilih untuk terjun ke dunia kerja setelah menyelesaikan sekolah. Dari situ, berbagai keterampilan bekerja harus dikuasai dalam waktu yang cukup dekat, sehingga tak hanya membutuhkan pembekalan terkait kejuruan atau bidang kerja yang ditekuni, namun juga perlu adanya pembekalan mengenai cara mengelola keuangan dengan baik agar mereka dapat lebih bijak dalam mengambil keputusan terkait keuangannya. Di sini, literasi keuangan mengangkat materi pengelolaan keuangan khususnya meminimalisir risiko merugikan. Tidak hanya berfokus pengertian, konsep maupun instrumen penting, materi juga dilengkapi dengan tips hingga solusi manajemen keuangan dalam menyelesaikan kekhawatiran seperti pengalihan risiko dengan memberikan perlindungan diri, kesehatan, hingga aset pribadi sehingga mampu bertahan dan menghadapi risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Bertujuan untuk membekali para pelajar, kelas yang dihadirkan ini diharapkan dapat memicu kesadaran diri bagi mereka untuk meningkatkan pengetahuan, dan keyakinan agar terciptanya pola perilaku yang baik mengenai keuangan.

“Literasi keuangan lebih dari sekadar memahami angka dan hitungan saja, namun dapat dianggap sebagai investasi untuk kesejahteraan finansial seseorang hingga masyarakat di masa depan. Semakin dini kita terbekali pengetahuan dan keterampilan keuangan, maka akan semakin cepat pula kita siap menghadapi tantangan dunia nyata termasuk risiko-risiko yang menghantui. Kami berharap melalui program LENTERA yang telah terselenggara selama sebulan ini, memberikan kesempatan bagi para anak muda untuk membangun pilar keuangannya yang kokoh agar mereka dapat mencapai tujuan masa depan yang mulia dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang lebih baik lagi,” Imbuh Chief Compliance & Risk Management Officer Asuransi Astra, Widya Adi Tjahjono.

Asuransi Astra bersama Astra Financial juga meningkatkan literasi keuangan siswa dengan memberikan kelas pengelolaan keuangan dan penggunaan layanan keuangan yang baik serta mendukung infrastruktur sekolah seperti revitalisasi Teaching Factory Program Pemasaran, Donasi Buku Literasi Keuangan oleh OJK beserta Pemenuhan Fasilitas terkait Pojok Literasi Keuangan hingga pelantikan Duta Literasi Keuangan di SMKN 4 Padalarang, Jawa Barat.

Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra (LENTERA) merupakan program literasi keuangan berkelanjutan yang diinisiasi oleh Asuransi Astra sejak tahun 2023. Sejak tahun lalu, Asuransi Astra berhasil memberikan literasi ke 6.774  individu yang tersebar di 39 kota di Indonesia. Selaras dengan arahan OJK dalam meningkatkan dan mengakselerasi pemerataan literasi keuangan masyarakat, pada tahun ini LENTERA akan dihadirkan di berbagai wilayah di Indonesia guna memberikan pemahaman pengelolaan keuangan kepada para pelajar vokasi secara menyeluruh untuk membantu mencapai tujuan keuangan demi kehidupan yang lebih baik dan sejahtera sebagai penerus bangsa.