Pertahankan Performa dari Tahun ke Tahun Melalui Adaptasi dan Inovasi,
Asuransi Astra Raih Penghargaan Indonesia Best Living Legend Company in Managing Innovation 2024

Jakarta; Telah melangkah selama 67 tahun, Asuransi Astra senantiasa berkomitmen memberikan produk hingga layanan terbaik bagi seluruh pelanggan hingga masyarakat. Berbagai tantangan dan perubahan bisnis telah diarungi guna dapat mempertahankan dan meningkatkan performanya di era yang penuh dengan ketidakpastian dengan cekatan beradaptasi, konsisten menerapkan strategi hingga terus ciptakan inovasi. Bukan hanya obrolan semata, hal ini dibuktikan melalui sederet apresiasi dan pengakuan yang diraih oleh perusahaan sepanjang tahun 2023. Berkat hal tersebut, Asuransi Astra dianggap berhasil menunjukkan performa bisnis yang kuat dan konsisten meraih posisi pertama dalam kategori Most Innovative Best Living Legend Company in Managing Innovation pada Indonesia Best Living Legend Company in Managing Innovation 2024.

 

Indonesia Living Legend Companies & Brands 2024 merupakan penghargaan yang diberikan oleh Majalah SWA kepada perusahaan dan merek yang telah menunjukkan performa bisnis yang kuat dan konsisten selama lebih dari 50 tahun. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen dan dedikasi mereka dalam memajukan ekonomi Indonesia. Penilaian dilakukan berdasarkan survei atas pengajuan jawaban dari 11 pertanyaan kuesioner yang diberikan oleh masing-masing perusahaan yang dinominasikan. Lalu untuk menilai jawaban-jawaban atas survei tersebut, ada 4 kriteria penilaian yang digunakan atau dijadikan dasar penilaian, yaitu Komitmen dan Visi, Fondasi, Program dan Eksekusi, serta Hasil dan Dampak.

 

Berupaya terus mengedepankan pertumbuhan berkelanjutan perusahaan menjadi salah satu landasan Asuransi Astra agar dapat mempertahankan kinerja dan memberikan peace of mind. Perwujudan inovasi yang telah dirumuskan diterapkan melalui pengembangan produk dan layanan dengan senantiasa ikut serta dalam perkembangan digital agar dapat terus memberikan kemudahan serta menjawab kebutuhan para pelanggan setia. Demi mencapai hasil yang optimal, tentunya hal ini didongkrak oleh komitmen yang sudah lama tertanam dari seluruh stakeholder, penerapan budaya yang unggul, konsistensi dalam penerapan strategi dan kemampuan beradaptasi yang cepat, kreatif dan inovatif untuk meraih yang terbaik. Di mana salah satu wujud komitmen dan konsistensi ada dalam pelaksanaan strategi triple P roadmap yang terdiri dari Portfolio, People, dan Public Contribution oleh seluruh karyawan Asuransi Astra.

 

Komitmen yang tak pernah luntur untuk selalu memberikan pelayanan terbaiknya, Asuransi Astra menciptakan berbagai inovasi dan terobosan baru pada produk dan layanan yang telah dihadirkan sebagaimana bentuk terapan dari salah satu tata nilai perusahaan, yaitu agility, dengan mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar. Hal ini selain untuk mempertahankan reputasi merek di kalangan masyarakat, namun juga untuk menjawab kebutuhan pelanggan sehingga terciptanya sebuah kepuasan hingga kepercayaan. Asuransi Astra melalui produk Garda Oto, produk asuransi mobil, menyediakan proses akuisisi dan klaim, baik secara langsung di kantor cabang dan gerai Garda Center maupun daring dengan mengakses aplikasi myGarda serta website gardaoto.com hingga menghubungi Garda Akses di 1 500 112. Garda Oto juga menyediakan layanan Whatsapp Garda Akses di nomor 08950 1 500 112 yang memungkinkan pelanggan untuk dapat memperoleh informasi terkait produk hingga melakukan permintaan layanan darurat melalui chat. Beralih ke produk asuransi kesehatan korporasi Garda Medika, bagi peserta, Asuransi Astra menghadirkan Garda M-Klinik yang merupakan mobile clinic yang dapat memberikan layanan kesehatan di mana pun dan kapan pun hingga kemudahan akses di Garda Mobile Medcare yang dilengkapi fitur E-Consultation, E-Claim, dan Express Appointment sebagai fitur terbaru yang memudahkan pelanggan dalam mendaftar rawat jalan tanpa perlu antre dan secara cashless.

 

Tidak hanya unggul pada kualitas dan fitur layanan yang unggul, Asuransi Astra juga unggul dari segi credibility dan pengakuan global atas kinerjanya. Asuransi Astra telah memperkuat kredibilitas dan reputasi perusahaan, berhasil mempertahankan rating Financial Strength Rating A- (Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating “a-” (Excellent) dari lembaga pemeringkat asuransi internasional AM Best. Tidak hanya itu, pada tahun ini, AM Best juga menetapkan peringkat Indonesian National Scale Rating aaa.ID (Exceptional) kepada Asuransi Astra dengan outlook stable. Rating ini mencerminkan pengakuan internasional atas kekuatan keuangan dan kemampuan Asuransi Astra yang excellent dalam memenuhi seluruh kewajiban perusahaan khususnya kepada pelanggan.

 

Asuransi Astra juga konsisten berupaya menjawab seluruh kebutuhan pelanggan dengan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui perwujudan rangkaian aspirasi berkelanjutan dalam kegiatan Estafet Peduli Bumi. Kegiatan ini dijadikan wadah dalam mendorong kegiatan Environment, Social, & Government (ESG) Asuransi Astra untuk mengimplementasikan gerakan sustainability sebagai upaya meningkatkan renewal energy dan mengurangi emisi lingkungan guna merawat Bumi serta aspek kehidupan di dalamnya dan telah terwujudkan di 13 kota yakni Medan, Semarang, DKI Jakarta, Balikpapan, Makassar, Denpasar, Sumba, Cianjur, Surabaya, Malang, Palangka Raya, Lombok Utara, Yogyakarta dan akan terus berlanjut. Dalam menjalankan misinya, Asuransi Astra mengusung pada keempat pilar, antara lain pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan kewirausahaan.

 

Masih menyebarkan peace of mind melalui aktivasi perusahaan yang diperuntukkan bagi pelanggan hingga masyarakat yaitu melalui kampanye kehumasan #LangkahSederhana yang diinisiasi pada tahun ini, Asuransi Astra berupaya mewujudkan SDGs poin 13 “Penanganan Perubahan Iklim” dalam mengambil tindakan cepat untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya. Selaras dengan visi Asuransi Astra “Bring Peace of Mind to Millions” pada setiap fase dan momen kehidupan untuk secara konsisten mendukung setiap langkah perubahan, kegiatan ini dan kampanye kehumasan #LangkahSederhana diharapkan dapat dijadikan batu pijakan dan suara dorongan bagi para pelanggan dan masyarakat untuk memulai menanamkan resolusi yang memberikan pengaruh positif guna menciptakan peace of mind bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar untuk hari ini dan masa yang akan datang.

 

“Menjaga kinerja perusahaan selama bertahun-tahun bukan hanya semata-mata untuk mempertahankan brand agar tetap eksis di tengah perubahan yang terus terjadi, namun juga menjadi upaya kami untuk mendapatkan dan mempertahankan kepercayaan para pelanggan serta masyarakat. Tentunya, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan berkat dedikasi serta komitmen yang secara konsisten bersama-sama membangun perusahaan ke arah yang lebik baik. Tak lupa juga kami tuturkan apresiasi atas dukungan dan kolaborasi para stakeholder lainnya. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami agar dapat terus mengembangkan sekaligus menerapkan strategi serta tidak berhenti berinovasi agar dapat terus bertumbuh lebih baik lagi agar dapat secara berkesinambungan memberikan peace of mind kepada jutaan orang,“ Tutur EVP Human Capital & Facilities Management Asuransi Astra, Tri Rahayu Andayani.