Asuransi Astra Sabet Dua Penghargaan di Perhelatan PR of The Year 2023 Oleh Majalah MIX Marcomm

Asuransi Astra Sabet Dua Penghargaan di Perhelatan PR of The Year 2023 Oleh Majalah MIX Marcomm

Jakarta; Public Relations (PR) memiliki peran penting bagi perusahaan, organisasi maupun institusi tidak hanya saat masa krisis namun dalam keseharian guna mempertahankan dan meningkatkan citra dan reputasi perusahaan agar lebih baik di mata pelanggan, partner kerja, serta masyarakat. Tim PR harus memastikan bisnis terus berkembang, membangun hubungan kuat dengan publik, melindungi nama baik perusahaan, dan menonjolkan merek agar tetap menjadi sorotan melalui berbagai platform komunikasi. Seluruh upaya yang diwujudkan ini juga selain memberikan kontribusi bagi perusahaan juga perlu memberikan kebermanfaatan positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Berdiri tegak dengan mengusung visi bring peace of mind, pada bulan Maret tahun ini, mendukung arahan OJK yang menjadikan perempuan sebagai salah satu sasaran prioritas dalam strategis literasi keuangan pada tahun 2023 sekaligus mendukung terwujudnya SDGs poin 5 “Kesetaraan Gender” guna mengembangkan potensi dan peran para perempuan, melalui kampanye kehumasan #PerempuanBermakna, Asuransi Astra gemakan makna peran seorang perempuan yang dibungkus menjadi rangkaian kegiatan online dan offline. Atas kesuksesan perwujudan kampanye kehumasan ini, Asuransi Astra sukses menyabet penghargaan PR Program of The Year 2023 untuk kategori Creative Corporate Reputation dengan meraih point tertinggi dan predikat “Excellent” dari Majalah MIX Marcomm. Dalam ajang ini, Bapak Laurentius Iwan Pranoto selaku Head of PR, Marcomm, & Event juga meraih penghargaan PR Practitioners of The Year 2023 Professional Choice untuk kategori Senior PR Practitioners dengan meraih point tertinggi dan predikat “Excellent” serta PR of The Year 2023 The Best Outtakes 2023 untuk kategori PR Practitioners.

Pada tahun ke-16 ini, Majalah MIX MarComm (SWA Group) kembali melaksanakan anugerah “PR of The Year 2023” yang merupakan ajang rekognisi bagi profesi Public Relations (PR). Hal ini mengingat fungsi dan peran PR yang amat vital bagi perusahaan, organisasi maupun institusi. PR Program of the Year 2023 meluncurkan Outtakes Index sebagai metode penilaian yang akan me-rating kinerja program-program secara kuantitatif dengan menggandeng Ivosights melalui pengukuran parameter Outtakes. Pengukuran kuantitatif ini menggunakan Ripple10 Digital Listening Tools dengan variabel Total Mentions, Positive/Negative/ Neutral Sentiments, dan Total Engagement. Disebut juga sebagai data crawling di dunia maya, pengukuran ini sejalan dengan Barcelona Principle 3.0 yang diinisiasi oleh International Association for the Measurement and Evaluation of Communication (AMEC).

Raihan penghargaan ini merupakan bukti bahwa Asuransi Astra konsisten tak hanya berusaha menjawab seluruh kebutuhan pelanggan melalui peningkatan produk dan layanan, namun juga memberikan kontribusi nyata melalui kampanye kehumasan yang berhasil dilaksanakan. Pada tahun ini, Asuransi Astra menyambut Hari Perempuan Sedunia Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2023 lalu, memulai gerakan kampanye kehumasan #PerempuanBermakna sepanjang bulan Maret 2023. Kampanye kehumasan ini juga didasarkan pada peran perempuan yang sering kali ditunjuk sebagai “decision maker” bijaksana dalam mengambil keputusan untuk dirinya sendiri serta keluarga diantara peran lainnya yang harus mereka lakoni. Oleh karena itu, guna memberikan literasi dan edukasi yang lebih baik, #PerempuanBermakna diwujudkan melalui rangkaian kegiatan yang diperuntukkan untuk publik dan pelanggan. Beberapa rangkaiannya diantaranya adalah acara talkshow KITA (Kesehatan & Literasi Keuangan Keluarga) #PerempuanBermakna untuk komunitas ibu dilengkapi topik literasi keuangan dan kesehatan, Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara & Pemeriksaan USG Payudara di Kampung Berseri Asuransi Astra Pela Mampang, Jakarta Selatan yang bekerja sama dengan Lovepink, hingga webinar Pengelolaan Keuangan untuk Perempuan Pelaku UMKM melalui program LENTERA (Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra) yang berkolaborasi bersama ngeLESin.

Diikuti dengan aktivitas internal, Asuransi Astra juga mengajak seluruh karyawan khususnya karyawan perempuan untuk dapat percaya diri dan berani menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri dan perempuan lainnya, dengan menyelenggarakan rangkaian SHEroes Workshop. Rangkaian SHEroes Workshop adalah program yang diadakan sebagai implementasi dari salah satu Employee Value Preposition Asuransi Astra, yaitu Wellbeing Program yang dilengkapi dengan kegiatan Wellbeing Talk Growth Mindset for SHEroes bersama Wanda Ponika dan SHEroes Workshop. Selanjutnya, melalui aktivasi digital, Asuransi Astra memberikan edukasi berupa funfact dan informasi mengenai perempuan dan seputar keuangan untuk meningkatkan awareness dari kampanye yang sedang digalakkan hingga photo challenge yang dilakukan melalui sosial media Instagram.

“Sebagai perusahan asuransi yang dapat diandalkan, sudah sewajarnya kami memberikan kebermanfaatan yang positif untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Seluruh proses tumbuh dan kembang guna mencapai kesejahteraan tiada artinya jika kami lakukan hingga rasakan sendiri. Maka dari itu, kami mengajak seluruh pelanggan, partner kerja, media hingga warganet untuk berani menyuarakan makna akan peran perempuan yang mungkin sebelumnya terbatasi oleh beberapa hal. Mungkin kampanye kehumasan ini dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat khususnya perempuan untuk mulai berani menyuarakan pendapat, aspirasi, hingga keinginannya untuk membangun bangsa yang lebih sejahtera secara berkelanjutan. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Majalah MIX Marcomm atas seluruh penghargaan tim dan personal ini, yang tentunya akan kami jadikan motivasi untuk dapat mewujudkan berbagai aksi sosial yang memberikan kontribusi nyata yang positif sehingga dapat menyebarkan peace of mind bagi banyak orang,” Ujar Iwan.