Buktikan Inovasi Kreatif dan Adaptif Melalui Rangkaian Program Komunikasi,  Asuransi Astra Raih Kembali Corporate Reputation Award 2023

Buktikan Inovasi Kreatif dan Adaptif Melalui Rangkaian Program Komunikasi,
Asuransi Astra Raih Kembali Corporate Reputation Award 2023

Jakarta; Reputasi perusahaan menjadi salah satu aset terpenting yang secara signifikan memberikan pengaruh dalam meningkatkan nilai perusahaan dari berbagai aspek, seperti akses terhadap peluang dan kemitraan baru hingga meningkatkan loyalitas pelanggan dan klien setia. Sehingga upaya membangun dan menjaga reputasi perusahaan menjadi hal yang diutamakan oleh berbagai pelaku usaha. Di sini, peran dan strategi para praktisi public relations (PR) sangat dibutuhkan dan dianggap sebagai pendongkrak melalui berbagai inovasi kampanye komunikasi kreatif dan inovatif. Berkat hal tersebut, Asuransi Astra berhasil membangun dan mempertahankan reputasi yang memberikan kontribusi positif kepada masyarakat meraih Corporate Reputation Award 2023 dari The Iconomics.

Corporate Reputation Awards 2023 diraih Asuransi Astra karena berhasil membangun dan mempertahankan reputasinya melalui berbagai inovasi yang kreatif dan adaptif sebagai perusahaan yang memberikan kontribusi positif dan berkelanjutan kepada masyarakat dan sekitar. Penghargaan ini diberikan atas apresiasi kepada strategi praktisi PR, Insan PR & Humas Perusahaan yang telah berhasil menciptakan corporate image dan pengelolaan PR. Penilaian reputasi perusahaan berdasarkan pada riset online dengan ribuan responden dari berbagai kalangan usia dan dari berbagai kota berdasarkan dari 3 parameter. Parameter tersebut meliputi Business & Commercial ReputationPeople & Leadership Reputation, dan Social & Citizen Reputation.

 

Selain meningkatkan kualitas produk dan layanan, Asuransi Astra berkomitmen memberikan peace of mind bagi para pelanggan dan masyarakat sekitar melalui program kampanye kehumasan yang diselenggarakan. Pada tahun 2022, perusahaan turut ikut serta berupaya merawat Bumi dan segala sisi aspek kehidupannya dalam serangkaian aspirasi berkelanjutan dalam kegiatan Estafet Peduli Bumi. Rangkaian kegiatan Estafet Peduli Bumi diwujudkan guna menyejahterakan Indonesia melalui program-program yang berkesinambungan yang mengusung pada keempat pilar, antara lain pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan kewirausahaan. Pada tahun 2022 dan Asuransi Astra berhasil menjalankan upaya sustainability serta menyebarkan kebermanfaatannya di 7 kota yakni Medan, Semarang, DKI Jakarta, Balikpapan, Makassar, Denpasar, dan Sumba. Pada tahun ini, Asuransi Astra akan terus berkontribusi di kota-kota selanjutnya guna memberikan dampak berkelanjutan demi memberikan peace of mind bagi jutaan masyarakat Indonesia.

Melalui berbagai rangkaian program komunikasi, Asuransi Astra memberikan edukasi dan literasi keuangan sebagai upaya dan bentuk dukungan perusahaan terhadap peningkatan angka literasi keuangan di Indonesia sesuai dengan arahan yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Edukasi dan literasi yang diberikan disampaikan melalui beragam kanal, baik kegiatan secara online melalui media sosial Asuransi Astra dan website asuransiastra.com, hingga kegiatan langsung atau secara offline ke seluruh stakeholders, pemegang saham, karyawan, pelanggan, media hingga masyarakat secara merata setiap tahunnya.

“Reputasi suatu perusahaan menjadi hal yang sangat dipertimbangkan oleh masyarakat saat memutuskan membeli produk dan layanan. Asuransi Astra menjadi salah satu perusahaan yang menawarkan kedua hal tersebut, sehingga reputasi ini perlu di-manage dengan benar dan konsisten demi menghasilkan kepercayaan yang sifatnya tidak sementara. Pencapaian ini tentunya hasil kerja keras serta komitmen dari seluruh karyawan yang sudah membantu berkontribusi dengan baik. Oleh karena itu, dengan penghargaan ini saya harap akan menjadi motivasi untuk terus berusaha menjaga reputasi dan selalu optimis dalam menghadapi tantangan-tantangan guna memberikan edukasi yang layak mengenai pengelolaan keuangan tentang pentingnya asuransi melalui program komunikasi sehingga terwujudnya masyarakat sejahtera yang well literate,” ujar Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto.

Di bulan Maret lalu, sekaligus menyambut Hari Perempuan Sedunia Internasional, Asuransi Astra memulai gerakannya dalam menyuarakan kampanye kehumasan #PerempuanBermakna. Kampanye kehumasan ini bertujuan untuk mendukung upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna meningkatkan literasi segmen perempuan secara keberlanjutan serta mendukung terwujudnya SDGs poin 5 “Kesetaraan Gender” yang diharapkan dapat mengembangkan potensi dan perannya. #PerempuanBermakna dibungkus dengan rangkaian kegiatan yang diperuntukkan untuk publik, pelanggan hingga karyawan perusahaan. Beberapa diantaranya adalah talkshow KITA (Kesehatan & Literasi Keuangan Keluarga) untuk komunitas ibu bersama Ajinomoto, Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara & Pemeriksaan USG Payudara di Kampung Berseri Asuransi Astra Pela Mampang bekerja sama dengan Lovepink, webinar Pengelolaan Keuangan untuk Perempuan Pelaku UMKM, SHEroes Workshop untuk karyawan perusahaan, serta photo challenge dan pembagian safety kit bagi pelanggan setia Garda Oto.