Gear Motor: Fungsi, Jenis, dan Tanda Kerusakannya

Memiliki sebuah kendaraan bermotor bukan hanya harus tahu bagaimana cara memakainya dengan baik dan benar. Selain itu, pemilik atau pengguna juga harus tahu bagaimana cara merawat mesin dan bagian kendaraan bermotor lainnya seperti rantai dan gear motor. Gear motor adalah bagian motor yang mempunyai peranan penting untuk mendapatkan performa berkendara yang nyaman.

Ketahui Fungsi dan Jenis Gear Motor

Gear motor memiliki fungsi utama untuk menggerakkan bagian roda belakang motor sekaligus untuk menghubungkan mesin pada kendaraan motor dengan roda sehingga bisa melaju dengan cepat. Jenis gear motor sendiri bisa dibedakan dari ukuran gear yang digunakan pada setiap kendaraan bermotor. Adapun untuk fungsi gear motor lainnya adalah sebagai berikut:

  • Untuk menyeimbangkan semua roda kendaraan bermotor ketika sedang melaju sehingga diperoleh akselerasi yang seimbang serta berjalan dengan mulus
  • Untuk memproduksi pasokan tenaga yang dipakai oleh kendaraan bermotor untuk mendapatkan akselerasi sehingga bisa tersalurkan serta diatur secara merata
  • Untuk menggerakkan roda belakang kendaraan bermotor yang tersambung pada bagian gear sehingga bisa memperoleh laju motor yang cepat
  • Untuk menyalurkan engine break sehingga bisa leluasa mengatur perpindahan gigi yang diperlukan untuk mengerem kendaraan sesuai kebutuhan

*Baca Juga: Punya Sepeda Motor? Yuk Ketahui Cara Memilih Asuransi Motor

Jenis Gear Motor yang Umum Digunakan

Jenis gear motor dibedakan sesuai dengan ukuran yang dimilikinya. Secara umum setiap gear memiliki mata gear yang memiliki pengaruh pada performa kendaraan bermotor yang digunakan. Semakin banyak jumlah mata gear, maka kendaraan motor tersebut akan semakin enteng dan nyaman untuk dibawa berkendara.

Berikut adalah jenis gear motor yang umum digunakan :

1. Gear depan

Jenis gear motor yang memiliki jumlah mata gear sebanyak 10 hingga 18 mata. Biasanya gear bagian depan motor memiliki ukuran yang jauh lebih kecil ketimbang ukuran gear bagian belakang. Meski begitu, Anda bisa melakukan pengaturan sesuai kebutuhan penggunaan motor.

2. Gear belakang

Untuk gear bagian belakang motor biasanya memiliki jumlah mata gear sekitar 30 hingga 50 mata gear. Jumlah tersebut sudah diperhitungkan dengan baik sehingga sesuai dengan standar kebutuhan kendaraan motor sekaligus tinggi rendahnya performa dari kendaraan yang digunakan.

*Baca Juga: Ciri-Ciri Kampas Ganda Motor Beat, Mio, Nmax, Vario Mulai Aus

Tanda Kerusakan Gear Motor Harus Segera Diganti

Gear motor dan rantainya memiliki peranan yang penting untuk bisa membuat kendaraan bermotor tetap berjalan sesuai kebutuhan pengguna. Maka dari itu, pengguna atau pemilik kendaraan harus mengetahui apa saja tanda dari gear motor yang mengalami kerusakan dan harus segera diganti untuk performa berkendara yang lebih baik. Simak beberapa tanda tersebut di bawah ini :

1. Laju kendaraan motor yang tidak lancar

Jika Anda merasakan laju kendaraan bermotor yang terasa tersendat atau tidak lancar bisa menjadi pertanda kerusakan pada gear. Hal itu dikarenakan gear motor yang sudah lancip, rantai bagian dalam yang aus dan lainnya sehingga menyebabkan putaran rantai berputar dengan kondisi mengendur dan mengencang menyebabkan putaran roda menjadi tidak stabil.

2. Suara rantai motor terdengar berisik

Biasanya ketika rantai terdengar mulai berisik maka akan membuat suaranya terdengar tidak biasa atau sangat kasar. Jika suara tersebut tak menghilang ketika rantai dan gear sudah diberi pelumas maka itu pertanda gear mengalami kerusakan atau terpasang dengan tidak benar. Segera lakukan pengecekan.

3. Rantai motor terlihat renggang

Tanda yang berikutnya adalah ketika kondisi rantai yang mulai terlihat renggang sehingga bagian bawah terlihat hampir menyentuh lengan ayun. Sekilas rantai terlihat tidak kencang sehingga akan menyebabkan proses meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang mulai melemah sehingga performa laju kendaraan pun kurang maksimal.

4. Gear atau rantai cepat aus

Jika pernah mengalami salah satu bagian seperti gear atau rantainya saja yang mengalami kerusakan, akan lebih baik jika Anda menggantinya satu set. Dengan begitu, kedua bagian tersebut akan bekerja dengan baik tanpa adanya kerusakan di salah satu bagian saja. Jika dilakukan penggantian di satu bagian saja maka mungkin saja akan mengalami selip ketika dikendarai.

5. Menyetel rantai terasa sulit

Umumnya gear dan rantai yang disetel ulang akan mengalami perbaikan kondisi setelah disetel. Namun jika setelah disetel kondisinya kembali kendur atau membuat laju motor kembali tak lancar maka itu bisa menjadi pertanda gear dan rantai harus segera dilakukan penggantian.

Seiring waktu berjalan, kemampuan gear motor tentunya akan menurun. Terlebih bila motor digunakan digunakan untuk aktivitas sehari-hari tentunya performa dari gear motor akan menurun dengan cukup signifikan. Oleh sebab itu Anda harus merawat gear motor yang Anda miliki secara khusus.

Tujuan dari perawatan gear motor ini tentunya agar performa tetap optimal serta tak cepat mengalami penurunan. Beberapa cara untuk merawat gear motor bahkan bisa Anda lakukan sendiri, seperti memberi pelumas pada gear motor, membersihkannya secara rutin dan lain-lain.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar gear motor. Pastikan untuk mengecek kendaraan Anda secara berkala demi keamanan dan kenyamanan berkendara di perjalanan.

Untuk dapatkan produk gear motor terbaik dan layanan servis berkualitas Anda bisa menggunakan layanan Garda Motor. Harga gear motor cukup beragam sesuai dengan kualitas dan ukurannya serta digunakan untuk jenis motor apa.

Pastikan untuk mendapatkan produk berkualitas dan original sesuai tipe kendaraan Anda hanya dengan menggunakan layanan Garda Motor. Garda Motor, perlindungan menyeluruh dan terbaik untuk kendaraan motor kesayangan Anda.