#POMInfo: Berkendara Aman Menghadapi Arus Balik Mudik

#POMInfo: Berkendara Aman Menghadapi Arus Balik Mudik

Saat mendekati akhir momen mudik Lebaran, akan banyak pemudik yang kembali pulang ke rumah. Banyaknya bawaan setelah liburan serta kepadatan arus balik tentunya tidak dapat dihindari. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan kelelahan bagi pemudik. Menurut Kakorlantas Polri, salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas adalah kelelahan fisik akibat mengemudi terlalu jauh. Oleh sebab itu, berikut adalah tips berkendara saat arus balik agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan.

  1. Persiapkan mental yang kuat

Arus balik seringkali dapat memakan waktu yang lama dan membuat perjalanan menjadi melelahkan. Oleh karena itu, siapkan mental Anda sebelum memulai perjalanan. Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup sebelum dan selama perjalanan sehingga dapat tetap merasa tenang dan rileks.

  1. Pilih hari kepulangan yang tepat

Bila memungkinkan, pilihlah hari kepulangan yang tidak berada pada puncak arus balik. Anda dapat pulang lebih awal sebelum arus balik benar-benar dimulai. Dengan pulang lebih awal, Anda dapat menghindari kemacetan.

  1. Gunakan GPS navigasi terupdate

Pastikan GPS navigasi yang digunakan selalu terbaru dan terupdate agar informasi yang diperoleh mengenai kondisi lalu lintas lebih akurat. Pilihlah jalur yang lebih lenggang sehingga perjalanan tidak melelahkan.

  1. Patuhi aturan lalu lintas dan lakukan teknik mengemudi defensif

Patuhi aturan lalu lintas, jangan menyalip dari jalur yang tidak diizinkan, selalu gunakan lampu sein ketika akan berbelok atau berpindah jalur, dan jangan memotong jalur kendaraan lain. Jangan lupa untuk menerapkan teknik mengemudi defensif untuk menghindari situasi berbahaya dan mengurangi risiko kecelakaan selama perjalanan.

Agar tetap #peaceofmind dalam keadaan darurat di jalan, Garda Siaga siap membantu 24 jam, gratis untuk pelanggan Garda Oto! Langsung call Garda Akses 1 500 112 untuk info lebih lanjut.

#POMinfo