Persiapan Mudik Lebaran

Persiapan Mudik Lebaran

Mudik Lebaran adalah tradisi tahunan yang dijalani oleh banyak orang di Indonesia. Walaupun jarak yang jauh harus ditempuh, tak sedikit pengendara yang mau melakukan road trip saat mudik. Oleh sebab itu, mempersiapkan kendaraan sebelum mudik menjadi sangat penting agar keamanan dan kenyamanan selama perjalanan mudik jadi terjamin. Berikut adalah beberapa checklist yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan road trip mudik Lebaran.

  • Lakukan servis berkala di bengkel resmi sebelum mudik. Bengkel akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kondisi mesin dan kelistrikan kendaraan untuk memastikan kondisi kendaraan dalam kondisi prima. Selain itu, oli dan filter oli akan diganti, serta komponen air di dalam kendaraan juga akan dipastikan dalam kuantitas dan kualitas yang baik.
  • Pastikan ban memiliki tekanan dan kembangan yang baik, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan slip saat mengemudi di waktu hujan. Kampas rem, cakram, drum, dan selang rem juga harus dalam kondisi baik. Selain itu cek kondisi, suspensi, per dan ball joint, serta keseimbangan roda agar mobil tetap stabil saat dikendarai dengan melakukan spooring & balancing.
  • Pastikan semua lampu menyala dan klakson berfungsi baik. Apabila visibilitas buruk maka potensi kecelakaan akan meningkat hingga 20%. Selain itu, klakson dan lampu harus dipastikan berfungsi dengan baik karena merupakan alat berkomunikasi yang penting untuk sesama pengguna jalan.
  • Siapkan persediaan darurat seperti ban serep, dongkrak, segitiga pengaman, dan car tool kit.
  • Pastikan untuk membawa peralatan tambahan seperti lampu senter, baterai cadangan, dan kabel
  • Pastikan dokumen kendaraan seperti STNK, SIM, surat tanda bukti pajak, dan asuransi kendaraan dalam kondisi lengkap dan masih berlaku untuk menghindari masalah dengan petugas keamanan selama perjalanan.
  • Jangan lupa untuk memilih asuransi mobil yang memiliki layanan Emergency Road Assistance (ERA) yang dapat membantu apabila kamu menghadapi keadaan darurat di jalan, seperti Garda Oto yang memiliki layanan Garda Siaga yang selalu siap membantu 24 jam. Langsung call Garda Akses 1 500 112 untuk info lebih lanjut.

#POMinfo