Keuntungan Memiliki Asuransi untuk Jaminan Hari TuaKesadaran akan pentingnya asuransi untuk masa tua masih tergolong rendah. Masih banyak masyarakat yang belum menyadari manfaat dari tabungan masa depan ini. 

Padahal, semua orang pastinya ingin menikmati masa tua dengan bahagia. Dengan memiliki asuransi, Anda akan lebih dekat dengan keinginan tersebut. Jika Anda masih belum memiliki asuransi, beberapa hal berikut mungkin akan lebih sulit didapatkan. 

Manfaat Asuransi untuk Jaminan Hari Tua

Menginjak usia lanjut, biasanya kemampuan bekerja akan menurun dan tidak seproduktif dulu. Hal tersebut tentu bisa berdampak pada kondisi keuangan dan tingkat kesejahteraan seseorang. Nah, manfaat asuransi dapat menjamin kesejahteraan dan beberapa hal berikut di masa tua. 

1. Dapat mengatasi keuangan dengan baik

Saat Anda sudah tidak mampu untuk bekerja atau produktif, Anda mungkin tidak bisa mendapatkan penghasilan seperti sebelumnya. Bagaimana dengan keuangan Anda jika hal tersebut terjadi? Kondisi keuangan akan terus menurun karena tidak adanya pemasukan. 

Dengan memiliki asuransi, Anda sudah menyiapkan masa tua dari masalah keuangan seperti ini. Anda sudah memiliki tabungan yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau bahkan mewujudkan keinginan masa tua Anda.

*Baca Juga: Fungsi Asuransi Secara Primer, Sekunder, dan Khusus

Masa tua Anda akan lebih damai dari rasa was-was karena kekurangan uang untuk kebutuhan hidup. Anda pun dapat menikmati masa tua dengan lebih tenang bersama anak dan cucu tanpa harus hutang ke sana-sini. 

2. Tidak menyusahkan anak

Apabila Anda memiliki dana pensiun sendiri, otomatis Anda akan terbantu dari segi keuangannya. Tidak perlu meminta atau merepotkan anak-anak dan keluarga jika ingin beli sesuatu. Hal ini akan membuat hidup Anda terasa lebih tenang dan bahagia. 

Tanpa uang pensiun, Anda mungkin akan menambah beban bagi anak-anak Anda. Padahal, mereka sendiri juga memiliki tanggungan untuk anak-anak mereka jika sudah berkeluarga. Jadi, secara tidak langsung Anda dapat menyelamatkan anak Anda dari generasi sandwich

*Baca Juga: Mengenal Polis Asuransi Beserta Fungsi dan Contohnya

Jika tidak memiliki asuransi, masa tua Anda tidak bisa terjamin. Bisa saja Anda berhutang saat tidak memiliki pemasukan yang justru merepotkan anak-anak Anda. Berbeda jika Anda memiliki asuransi, bisa menjadi tabungan di masa tua yang dapat membantu usaha anak-anak Anda. 

3. Membantu mewujudkan keinginan

Masa tua bukan berarti tidak memiliki impian atau hanya duduk diam mengandalkan anak-anak. Anda bisa lebih mandiri di masa tua melalui asuransi yang sudah dimiliki sejak muda. Dari tabungan tersebut, Anda bisa gunakan untuk mewujudkan impian yang mungkin sudah terpendam lama. 

Misalnya, Anda ingin mengunjungi adik yang tinggal di beda provinsi atau beda negara. Melalui asuransi, peluang mewujudkan hal tersebut akan semakin besar. Kalaupun mencoba menabung, akan sulit karena Anda sudah pensiun dan tidak ada pemasukan sebesar saat Anda bekerja. 

*Baca Juga: Tips Memilih Asuransi yang Benar dan Terpercaya di Indonesia

Contoh lainnya adalah keinginan untuk naik haji yang mungkin baru muncul saat Anda sudah pensiun. Berangkat haji membutuhkan dana yang tidak sedikit, untuk pendaftaran, tes kesehatan, hingga untuk uang saku. Dengan tabungan pensiun, Anda bisa mewujudkan keinginan untuk naik haji meskipun Anda sudah tidak bekerja.

4. Mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga

Ada banyak hal yang bisa terjadi di masa tua nanti. Sebagai contoh, mengenai kesehatan yang bisa saja menurun dan Anda mudah sakit saat sudah lanjut usia. Padahal, Anda tentu paham bahwa biaya pengobatan di rumah sakit bisa semakin mahal dari tahun ke tahun.

Jika sakit dan tidak ada perlindungan asuransi, Anda akan kembali merepotkan anak atau keluarga. Dalam kondisi darurat seperti ini, biaya pengobatan harus segera didapatkan untuk mencegah risiko-risiko yang tidak diinginkan. 

*Baca Juga: Cara Menyisihkan Uang untuk Bayar Asuransi dari Gaji

Nah, dengan asuransi yang dimiliki, Anda lebih terjamin tanpa perlu cemas mengenai biaya-biaya rumah sakit. Anda juga bisa fokus pada pemulihan, sehingga lebih cepat sembuh dan kembali bersama keluarga tercinta. 

5. Mengatasi masalah inflasi 

Inflasi mungkin menjadi momok yang selalu ditakuti. Pergerakan atau perubahan nilai mata uang memang dapat berpengaruh pada kehidupan. Ternyata dengan memiliki asuransi Anda sudah menyiapkan perlindungan terhadap inflasi. 

Menabung saja tidak cukup untuk menyiapkan diri menghadapi inflasi. Anda harus menabung sekaligus berinvestasi agar lebih terjamin. Asuransi masa tua atau pensiun dapat menjadi investasi yang baik untuk bekal Anda di masa depan tanpa mencemaskan masalah inflasi. 

6. Hidup bahagia bersama keluarga

Selain dari segi keuangan, memiliki asuransi juga bisa memberikan manfaat pada kualitas hidup di masa tua mendatang. Tidak dipungkiri memang kondisi keuangan memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan seseorang. 

Dengan asuransi, keuangan Anda di masa depan lebih terjamin. Meskipun tidak bekerja, tapi tetap memiliki tabungan dan asuransi yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan hari tua. Anda bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama anak dan cucu dan keluarga lainnya.

*Baca Juga: Cara Memilih Produk Asuransi yang Tepat Untuk Kamu dan Keluarga

Bagaimana sudah terbayang bukan, manfaat dari memiliki asuransi? Tidak ada alasan untuk menunda memiliki asuransi, karena manfaat yang ditawarkan sangat banyak. Bila telat memiliki asuransi, justru akan membuat dana finansial Anda menjadi berantakan kedepannya. 

Jadi, lindungi diri Anda di masa depan dengan Asuransi Astra yang sesuai profil dan kebutuhan Anda. Asuransi kesehatan, asuransi syariah, asuransi komersial dan retail tersedia untuk menjawab kebutuhan Anda akan perlindungan dari berbagai risiko keuangan. 

Itulah pembahasan mengenai manfaat memiliki asuransi untuk jaminan hari tua. Bisa disimpulkan, bahwa memiliki asuransi sejak dini adalah pilihan yang tepat, karena bisa menjadi tabungan dan investasi yang baik di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.