Apa itu Tower Crane? Jenis, Cara Kerja, dan Bagian-Bagiannya

Apa itu Tower Crane? Jenis, Cara Kerja, dan Bagian-Bagiannya

Penasaran dengan apa itu tower crane? Tower crane adalah alat pengangkat beban yang fungsi untuk mempermudah pekerjaan kontruksi pada gedung-gedung tinggi. Sebagai alat yang memiliki jangkauan luas dan tinggi yang dapat disesuaikan dengan bangunan yang sedang dibangun , tower crane dapat mengangkat atau memidahkan alat-alat matrial dengan lebih mudah.

Tower crane dapat menyesuaikan tinggi hingga mencapai lebih dari 100 meter sehingga tidak heran jika alat berat yang satu ini sangat berperan penting dalam pembangunan gedung-gedung tinggi. Jika tidak ada alat ini, munkin proses kontruksi gedung tinggi akan sulit dilakukan karena untuk memidahkan matrial ke atas bagunan tinggi diperlukan alat yang tinggi di sesuaikan dengan tinggi gedung.

Jadi, sudah tahukan apa itu tower crane? Intinya tower crane merupakan alat berat yang berfungsi untuk memidahkan dan mengangkat matrial atau alat lainnya dengan jangkauan luas dan tinggi hingga 100 meter.

Jenis Tower Crane yang Wajib Anda Ketahui

Ada beberapa jenis tower crane yang biasa digunakan dalam pembangunan gedung-gedung tinggi seperti:
1. Rail Mounted Tower Crane
Jenis tower crane yang pertama adalah Rail Mounted Tower Crane. Yang mana Rail Mounted Tower Crane dibagian bawahnya di pasangkan pada rel.
Untuk bagian mast section hingga top bentuknya sama dengan jenis tower crane lainnya, namun pada bagian dasarnya terdapat roda yang bisa bergerak pada rail dengan menggunakan mesin.
2. Tied-in Tower Crane
Untuk pembangunan bangunan tinggi lebih dari 100 meter mungkin biasanya menggunakan jenis tower crane ini. Tied-in Tower Crane memiliki tinggi mencapai 200 meter yang memiliki ciri khas pasa mast sectionnya.
3. Free Standing Tower Crane
Free Standing Tower Crane adalah jenis tower crane yang paling sering digunakan dalam pembangunan gedung. Jenis tower crane ini memiliki kelebihan dalam penggunaannya yaitu pemasangan dan pembongkarannya lebih cepat.

Cara Kerja Tower Crane

Alat ini diciptakan untuk membantu mengangkat dan memindahkan matrial ke bawah maupun ke atas. Jadi, dalam pembangan gedung-gedung tinggi alat ini sangat berperan penting dalam kesuksesan pembangunan.
Jika membangun bangunan tinggi tentu saja membutuhkan alat yang mampu mengangankat dan memindahkan matrial ke bagian tertantu misalnya di atas bangunan.

*Baca Juga: 10 Jenis Alat Berat Beserta Fungsinya untuk Proyek Bangunan

Untuk merangkai tower crane ialah diawali dengan penanaman base station lalu pengecoran. Jika coran sudah kering tahap selanjutnya adalah merangkai section mast disesuaikan ke tinggian yang di inginkan. Selanjutnya ialah memasang kabin control, Counter jib crane, slewing, trolley dan lain sebagainya.

Untuk cara kerjanya sendiri, tower crane terbagi menjadi beberapa bagian seperti:
1. Trolleying yaitu memindahkan trolley secara horizontal
2. Slewing adalah gerakan rotasi poros pada slewing machine
3. Lifting merupakan cara kerja yang mengankat matrial atau muatan dari bawah ke atas

Bagian – Bagian Pada Tower Crane

Tower crane memiliki beberapa bagian yang memiliki fungsingnya masing-masing, berikut adalah bagian-bagian dari tower crane:
1. Base Station – Merupakan bagian dasar yang buat dengan 4 kaki penopang yang ditanam di tanah dan dicor. Pondasi yang kedalaman lubangnya di sesuaikan dan pengecorannya menggunakan semen .
2. Mast Section – Setelah pembuatan pondasi yang kuat, berikutnya adalah merangkai bagian-bagian yang menjadi tiang towe crane.
3. Slewing – Slewing mechanism di atas mast section berfungsi untuk memutar bagian atas tower crane hingga 360 derajat. Untuk mengendalikan slewing terletak pada handle pada kabin katrol.
4. Counter Jib – Bagian ini berfungsi untuk menyeimbangkan jib (noom) dengan begitu tie bar dan tower crane dapat bergerak dengan seimbang.
5. Jib – Ini adalah bagian dari tower crane yang bertugas untuk tempat meletakkan motor trolley dan hoist. Ini bekerja untuk mengangkat beban.
6. Tower top – Bagian ini terdiri dari kabin control dan kepala cad yang mana menjadi tempat operator mengendalikan atau mengoperasikan tower crane. Pada bagian kabin control ada kursi, tombol serta ada dua handle yang memiliki fungsi berbeda seperti memutar motor slewing, menggeser motor trolley maju atau mundur serta menurunkan dan mengangkat hoist.

Itu dia penjelasan tentang apa itu tower crane, jenis dan bagian-bagiannya.

Supaya tower crane mendapatkan perawatan yang baik saat mengalami kerusakan, Anda bisa menggunakan produk asuransi alat berat dari Asuransi Astra. Asuransi ini sangat bermanfaat untuk menghindari resiko terjadinya kerusakaan. Anda bisa mengasuransikan alat berat pada perusahaan terpercaya seperti dengan Asuransi Astra yang merupakan asuransi umum terbaik di Indonesia.