Yuk Kenali Jenis-Jenis Kapal Laut Beserta Fungsinya

Yuk Kenali Jenis-Jenis Kapal Laut Beserta Fungsinya

Kapal laut mempunyai begitu banyak manfaat sampai sekarang ini. Sekalipun keberadaannya telah ditemukan sejak dahulu, manfaat dan fiturnya senantiasa mengalami kemajuan seiring berjalannya waktu. Mengingat kebutuhan akan transportasi dianggap tak terbatas, inovasi pembuatan kapal untuk berlayar di lautan ini kian diperhatikan. Selain itu, ada banyak pula jenis kapal yang telah dioperasikan. Nah, berikut ini beberapa jenis kapal yang berlayar di laut beserta fungsinya.

Macam – Macam Kapal Laut Beserta Fungsinya

 

  1. Kapal Feri

Untuk para transmigran, keberadaan kapal feri tentunya sangat bersahabat. Kapal satu ini adalah jenis kapal penumpang yang berlayar dengan jarak termasuk dekat, misalnya antar pulau. Peran kapal feri ini sendiri cukup berguna di Indonesia. Kapal feri memenuhi persyaratan untuk berlayar di laut dan digunakan untuk beragam aktivitas perjalanan melalui laut. Lokasi berlabuhnya kerap dibuat khusus untuk memposisikan kapal dengan cepat untuk pengisian dan penurunan yang mudah.

  1. Kapal Barang

Sesuai namanya, kapal ini berfungsi untuk pengangkutan barang. Jenis kapal yang kerap disebut cargo ship ini merupakan semua jenis kapal yang mengangkut muatan barang perdagangan internasional, menyusuri samudra dan lautan dunia setiap tahunnya. Di Indonesia, kapal jenis ini digunakan untuk distribusi bahan pangan dari satu pulau ke pulau lainnya. Keberadaan kapal barang ini memudahkan untuk bisa mendapatkan kebutuhan. Dengan keberadaan kapal barang, pemerataan distribusi kebutuhan juga lebih mudah. Secara umum kapal kargo didesain khusus untuk bongkar muat, dilengkapi dengan crane serta mekanisme lainnya, dan dibuat dengan beberapa ukuran.

  1. Kapal Pesiar

Adanya kapal pesiar sangatlah bermanfaat pada sektor pariwisata. Kapal jenis ini membantu para penumpang untuk bisa menikmati keindahan suasana lautan dengan menghadirkan fasilitas hotel berbintang untuk mendukungnya. Dengan fungsi yang seperti itu, desain kapal pesiar diciptakan dengan sangat indah sebagai daya tarik. Beberapa kapal pesiar mempunyai rute pelayaran yang senantiasa kembali berlabuh pada titik keberangkatan awal. Waktu pelayaran kapal pesiar bervariasi tergantung pada rutenya. Kapal laut satu ini berbeda dengan kapal samudra yang mengantar penumpang dari satu titik ke titik lainnya, atau hingga antar benua. Kapal pesiar memang didesain khusus bagi penumpang yang memerlukan sarana rekreasi pada wahana kapal.

  1. Kapal Tanker

Berfungsi untuk mengangkut minyak dan seluruh bahan turunannya, kapal tanker mempunyai desain lebih safety dibandingkan kapal pengangkut lainnya. Umumnya kapal tanker terbagi menjadi dua jenis yaitu product tanker serta crude carrier. Oil product tanker merupakan jenis kapal tanker yang khusus mengangkut hasil penambangan minyak mentah yang belum diolah. Ketika diangkut, barang pada kapal tanker dibedakan antara yang kotor dan yang bersih.

  1. Kapal Derek

Sesuai namanya, kapal derek mempunyai fungsi untuk mengangkat barang berat. Berkat kemampuan itu, kapal derek kerap digunakan untuk membantu konstruksi pada proyek lepas pantai. Keunggulan kapal ini yang lainnya adalah dapat mengangkat beban mulai dari ratusan sampai ribuan ton.

  1. Kapal Angkatan Laut

Kapal angkatan laut merupakan jenis kapal yang khusus digunakan untuk tugas militer angkatan laut. Menjadi kapal resmi negara, kapal angkatan laut mempunyai keistimewaan tersendiri. Sebagai bentuk identitas, masing-masing kapal angkatan laut dipasangi bendera kebangsaan. Angkatan Laut Tentara Nasional Indonesia mempunyai kapal perang angkatan laut dengan beragam jenis sesuai fungsinya masing-masing. Beberapa diantaranya seperti 6 kapal perang jenis Fregat, kapal patroli dan kapal cepat rudal.

  1. Kapal Penelitian

Kapal penelitian didesain secara khusus untuk keperluan investigator dan peneliti. Kapal yang kerap disebut kapal riset ini mempunyai beberapa jenis sesuai penggunaan. Beberapa diantaranya seperti kapal riset untuk oseanografi, perikanan, hidrografi, dan riset kutub. Kapal riset yang paling mendunia adalah kapal HMS Beagle yang mengantarkan Charles Darwin dalam membuktikan teori evolusi dengan berlayar selama lima tahun di wilayah kepulauan Galapagos. Indonesia juga mempunyai jenis kapal laut ini, yaitu Geomarin III yang dinaungi Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral.

*Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Asuransi Rangka Kapal

Tips Untuk Mencegah Kerusakan Kapal Ketika Berlayar

Semua hal yang dimanfaatkan, tentunya memerlukan perawatan supaya tak mudah rusak dan mempunyai daya guna lebih lama, termasuk diantaranya kapal. Perawatan kapal ini juga memiliki tujuan untuk menghindari risiko kecelakaan ketika berlayar karena performa kapal yang tak maksimal. Beberapa tips bisa dilakukan sebagai wujud upaya perawatan kapal. Berikut beberapa diantaranya yang dapat diperhatikan.

  1. Pengoperasian Kapal dengan Jadwal Teratur

Jadwal pengoperasian kapal yang teratur nantinya memberikan metode perawatan yang intens dan teratur pula. Sebaiknya jadwal pengoperasian kapal disusun oleh orang yang ahli dan bisa memperkirakan kebutuhan kapal, kapan waktunya berlayar dan kapan waktunya service. Mematuhi jadwal dengan tertib sangat baik bagi kesehatan mesin kapal, peralatan kapal ataupun awak kapal. Dengan demikian, kapal nantinya terawat dan mempunyai masa berlayar yang lebih lama.

  1. Meningkatkan Penjagaan Awak Kapal Beserta Peralatannya

Tak hanya memperhatikan jadwal berlayar, akan tetapi harus diimbangi dengan meningkatkan penjagaan awak kapal beserta peralatan agar kondisi kapal terawat ketika berlayar. Khususnya untuk kapal yang digunakan untuk berlayar dalam jangka waktu lama, penjagaan awak kapal beserta peralatan harus lebih dicermati. Semakin bagus penjagaan, semakin minim terjadi kesalahan operasi ketika kapal berlayar. Termasuk nantinya segera teridentifikasi kesalahan bila pada saat berlayar ada awak kapal ataupun peralatan yang tak beres dan bisa segera diganti.

  1. Ada Klasifikasi Pekerjaan Mulai yang Paling Urgent dan Penting

Klasifikasi jenis pekerjaan yang paling urgent dan penting bisa menjadi upaya perawatan yang bagus. Namun bukan berarti ini pekerjaan yang ringan dan mudah, semua hal memerlukan kerjasama agar bisa berjalan dengan optimal. Demikian halnya dengan kondisi kapal, dengan klasifikasi pekerjaan mulai yang paling urgent dan penting bisa menjadi penentu sumber daya manusia yang kompeten dalam melakukan pekerjaan itu. Sumber daya manusia yang kompeten bisa ditugaskan sesuai posisinya guna mengurangi risiko semua kejadian merugikan yang mungkin bisa terjadi.

  1. Label dan Penomoran Setiap Item Suku Cadang

Pada penjagaan ataupun pemeriksaan mesin beserta suku cadang secara berkala, diperlukan label dan penomoran setiap item suku cadang. Label dan penomoran mengurangi risiko kesalahan ataupun kemungkinan data item suku cadang tertinggal. Semua bentuk perawatan jenis-jenis kapal bisa diterapkan secara bersinergi supaya kapal bisa terhindar dari risiko kerusakan yang bisa terjadi ketika berlayar. Demikian halnya penggunaan jenis kapal, tetap harus sesuai fungsi agar kapal semakin awet. Selain itu asuransi rangka kapal juga bisa menjadi solusi terbaik untuk kapal laut.

Nah, itulah macam – macam kapal laut yang bisa anda ketahui beserta fungsi dan tips merawat kapal. Untuk menjaga kapal dari risiko kecelakaan, Asuransi Astra menyediakan asuransi rangka kapal untuk kapal niaga yang mudah dan terjamin. Anda bisa  kunjungi Asuransi Astra untuk info lebih detilnya!