Punya Sepeda Motor? Yuk Ketahui Cara Memilih Asuransi Motor

Punya Sepeda Motor? Yuk Ketahui Cara Memilih Asuransi Motor

Asuransi kendaraan bermotor adalah jenis asuransi yang melindungi kendaraan bermotor Anda dari tidak hanya kecelakaan, tetapi juga berbagai hal yang dapat menimpa Anda dan kendaraan bermotor Anda. Untuk asuransi kendaraan bermotor, menyediakan klaim yang bisa diambil dengan persyaratan tertentu, namun juga dengan cicilan yang ramah kantong Anda.

Jika Anda memiliki kendaraan bermotor, terutama kendaraan beberapa kendaraan bermotor, dan ingin melindungi kendaraan bermotor yang berharga Anda, maka asuransi motor adalah hal yang mungkin perlu Anda dapatkan. Ada banyak jenis asuransi kendaraan bermotor, lalu bagaimana cara memilih asuransi motor yang cocok untuk Anda, dan yang memberikan kualitas terbaik?

Cara Memilih Asuransi Motor untuk Melindungi Kendaraan

Kendaraan bermotor Anda merupakan salah satu aset penting yang harus Anda lindungi. Semakin tinggi nilai aset kendaraan bermotor, semakin tinggi pula resiko untuk kehilangan, biaya perawatan tinggi, serta kecelakaan yang bisa merusak aset Anda. Untuk itulah asuransi kendaraan bermotor hadir. Untuk melindungi aset bermotor Anda dengan polis perlindungan.

Fungsi utama dari asuransi kendaraan bermotor itu sendiri adalah untuk memberikan Anda perlindungan berupa penjaminan yang akan menjamin Anda ketika terjadi berbagai resiko seperti bencana alam, huru-hara, kebakaran, dan hal yang tidak bisa diprediksikan seperti kecelakaan. Dengan asuransi, akan memberikan keamanan serta kenyamanan kepemilikan kendaraan.

Ada berbagai pilihan asuransi kendaraan diluar sana, dengan berbagai jenis keunggulannya masing-masing, polis yang berbeda, dengan bunga cicilan yang berbeda pula. Jika Anda ingin menjadi pemilik kendaraan yang bijak, dan ingin melindungi kendaraan bermotor Anda dengan baik, maka Anda harus ketahui betul cara memilih asuransi motor yang sesuai untuk Anda.

  1. Pahami dan sesuaikanlah kebutuhan kendaraan Anda

Kondisi kendaraan Anda berbeda, dan dengan kebutuhan yang berbeda membawa pilihan asuransi yang berbeda pula. Kondisi kendaraan seperti kondisi mesin, body, usia mobil, dan kerusakan minor mobil. Kondisi kendaraan ini menjadi pertimbangan pemilihan jenis asuransi yang tepat untuk Anda.

  1. Pastikan Anda paham keuntungan dan syarat produk asuransi

Seperti asuransi pada normalnya, ada berbagai keuntungan serta yang paling penting adalah persyaratan produk asuransi tersebut. Fitur, serta persyaratan klaim ini yang perlu Anda cermati untuk memudahkan Anda jika Anda memerlukan untuk proses klaim jika terjadi sesuatu pada nantinya.

Cermati untuk berbagai keuntungan, manfaat, dan layanan polis asuransi yang bisa Anda dapatkan. Cermati baik-baik agar Anda bisa memanfaatkannya dengan baik, dan mendapatkan keuntungan maksimal dikala Anda memerlukan klaim asuransi.

  1. Bandingkan dengan berbagai jenis asuransi lainnya

Ada berbagai jenis asuransi yang hadir untuk memberikan berbagai perlindungan kendaraan bermotor. Tiap jenis asuransi, dengan berbagai merk yang berbeda memiliki keunggulan yang berbeda. Nah, cermati keunggulan masing-masing merk yang ada, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Sesuaikan dengan budget Anda tiap bulannya

Budget asuransi Anda harus disesuaikan, karena Anda harus membayarkan cicilan  tiap bulannya untuk asuransi Anda. Sesuaikan dengan budget bulanan atau hingga budget tahunan milik Anda. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, maka disarankan untuk memilih asuransi yang ringan saja, namun tentu saja pilihlah asuransi yang terpercaya.

  1. Jika ragu, konsultasikan ke pihak dealer mobil

Jika Anda masih ragu memilih perusahaan asuransi yang tepat, maka Anda bisa mengonsultasikannya dengan pihak dealer mobil. Pihak dealer mobil atau motor bisa menunjukkan kepada Anda asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kendaraan bermotor Anda, tergantung dari jenis dan merk kendaraan bermotor Anda.

Selain itu semua, Anda juga tentu saja harus memilih perusahaan asuransi yang terpercaya, dan sudah memiliki kredibilitas yang tinggi. Pastikan juga Anda terhindar dari pihak asuransi bodong, yang memberikan janji manis semata. Cicilannya tinggi, tetapi ketika polis asuransi ingin di klaim akan dipersulit untuk tidak bisa melakukan klaim asuransi.

*Baca Juga: Asuransi Astra Siap Menanggung Kerugian Akibat Kecelakaan Motor

Untuk menghindari kerugian berlebih, asuransi kendaraan bermotor memang sangatlah penting. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan budget dan kemampuan finansial. Anda bisa memilih asuransi motor dengan biaya terjangkau melalui Garda Motor.

Garda Motor memiliki ratusan Insurance Administrator yang siap membantu Anda dalam mendapatkan perlindungan bagi sepeda motor. Untuk informasi lebih lanjut mengenai asuransi kendaraan bermotor, anda bisa mengunjungi Asuransi Astra.