BEGINI CARANYA AGAR PELEK MOBIL ANTI DICURI

BEGINI CARANYA AGAR PELEK MOBIL ANTI DICURI

Jakarta; Terkait merebaknya tindak kejahatan pencurian pelek di Jabodetabek belakangan ini, membuat masyarakat mulai merasa resah, dan tentunya kerugian yang ditimbulkan tidaklah sedikit. Kehilangan pelek original dan ban dapat menyebabkan kerugian sampai jutaan rupiah. Belum lagi ada risiko kerusakan pada bagian kaki-kaki karena adanya kemungkinan mobil dipaksa berdiri tanpa adanya topangan dari ban. Berikut langkah preventif yang dapat dilakukan bagi para pemilik mobil agar pelek mobil tidak mudah dicuri.

 

Pertama, ganti kepala nut menjadi bentuk yang tidak lazim, seperti menjadi bentuk kembang atau kotak dalam. Bila ingin lebih aman, bisa juga gunakan nut yang terkunci. Model ini biasa digunakan untuk ban cadangan yang digantung di belakang mobil. Adapun harga untuk kepala nut tersebut beragam. Namun, rata-rata penjual membanderolnya mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 100.000.

 

Kedua, Anda dapat mencoba untuk mengaktifkan kembali alarm guncangannya. Sehingga, ketika mobil terguncang saat oknum hendak mencuri pelek Anda, sirene alarm mobil Anda akan berbunyi. Tetapi risikonya mobil Anda akan menjadi lebih sensitive terhadap guncangan dan mudah berbunyi.

 

Ketiga, perhatikan juga tempat Anda memarkirkan mobil. Disarankan untuk memarkirkan mobil di lokasi yang aman dan terpantau dengan baik, akan lebih bagus jika lokasi parkiran mobil tersebut memiliki security atau petugas keamanan yang terlihat di tempat Anda memarkirkan mobil. Jika memungkinkan, cari area parkir yang dilengkapi dengan pengawasan CCTV. Biasanya pelaku pencurian akan enggan melakukan aksinya di area yang mudah terlihat oleh orang.

 

“Proses pencurian pelek ini pasalnya memakan waktu yang cukup lama. Diharapkan pemilik mobil lebih berhati-hati dengan memarkirkan mobil di lokasi yang aman dan dapat terpantau jelas oleh orang-orang, akan lebih berisiko jika pencurian pelek menggunakan alat impact wrench, karena akan mempermudah dan mempercepat pelaku dalam proses pelepasan ban,” ujar L. Iwan Pranoto SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra.

 

Oleh karena itu asuransi mobil saat ini menjadi hal yang harus Anda pikirkan. Khususnya bagi Anda yang tingal di lingkungan perkotaan seperti Jakarta dan sekitarnya, dimana masih memiliki risiko yang tinggi atas tindak kriminal yang bisa menyebabkan kehilangan akibat pencurian. Dengan memiliki asuransi mobilAnda dapat meminimalisasi segala risiko-risiko tersebut.

 

Jika Anda berniat untuk memiliki asuransi mobil, Anda bisa mempertimbangkan Garda Oto sebagai pilihannya. Terdapat dua tipe perlindungan mobil yang tersedia di Garda Oto yaitu Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive. Karena kejadian pencurian pelek dan ban terjadi akibat tindak pencurian maka kehilangan tersebut dapat di-cover asuransi. Tapi saat klaim harus dilengkapi dengan laporan dari kepolisian setempat.